Penantian Panjang Italia Usai, Mancini Bawa Italia Kalahkan Inggris 3-2

Italia akhirnya berhasil mengoleksi gelar kedua Piala Eropa setelah mengalahkan Inggris dini hari tadi, Senin (12/7). Timnas asuhan Roberto Mancini menghantam Harry Kane dan kawan-kawan dengan skor 3-2 lewat adu penalti.

Gli Azzurri sebelumnya sempat tertinggal dengan gol cepat yang dilesakkan Luke Shaw pada menit kedua. Stadion Wembley pun bergemuruh. Papan skor tidak berubah hingga peluit babak pertama usai.

Pada babak kedua Italia semakin menekan Inggris untuk menyamakan kedudukan. Usaha tim biru membuahkan hasil. Menit ke-67 Leonardo Bunucci membuat kiper Inggris Pickford memungut bola di gawangnya.

Skor tetap imbang sampai dengan akhir babak kedua dan extra time 2×15 menit. Dalam catatan, Italia memiliki penguasaan bola 62 persen, lebih banyak dari Inggris yang hanya 38 persen.

Babak tos-tosan adalah masa yang menegangkan bagi kedua tim. Penendang kedua Italia Andrea Belotti gagal mengeksekusi si bundar, sementara Harry Maguire berhasil mengecoh Donnarumma. Skor 2-1 untuk Inggris.

Malapetaka bagi tim asuhan Gareth Southgate terjadi pada eksekutor ketiga. Sepakan Marcus Rashford meluncur terlalu menyamping, membentur tiang di sisi kanan gawang kiper Italia. Sebelumnya Bonucci berhasil menaklukkan Pickford dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Bernardeschi memimpin Italia unggul 3-2. Donnarumma secara gemilang bisa menahan tendangan penalti Jadon Sancho. Italia memimpin.

Kemenangan Italia akhirnya terwujud setelah penendang kelima dari kedua tim gagal melakukan eksekusi.

Hasil ini membuat Italia berhasil memutus penantian panjang selama 53 tahun. Gelar pertama Piala Eropa terakhir kali diraih Italia tahun 1968. Pada perhelatan tahun 2000 dan 2012 Italia hanya mampu menjadi finalis setelah dikalahkan Prancis dan Spanyol.

Kekalahan Inggris dari Italia membuat Tim Tiga Singa harus puasa lebih lama untuk meraih Piala Eropa. Inggris belum pernah sekalipun meraih trofi tertinggi di Benua Biru.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...