Gokil, Richard Branson Akhirnya ke Luar Angkasa

Mimpi Richard Branson pergi ke luar angkasa akhirnya terwujud. Miliarder asal Amerika Serikat ini bersama dua pilot dan tiga karyawannya meluncur dari atas langit New Mexico, Minggu (11/7).

Pesawat ruang angkasa VSS Unity ini dalam pendakian ke ruang angkasa dilepas pesawat pengangkut bernama VMS Eve di ketinggian 40.000 kaki. Setelah itu VSS Unity melanjutkan perjalanan mencapai ketinggian 86,1 kilometer (53,5 mil atau sekitar 282.000 kaki).

Branson mendirikan Virgin Galatic pada tahun 2004 setelah menyaksikan pendaratan Apollo di bulan. Total investasi yang dikeluarkannya untuk pengembangan layanan penerbangan komersial ke luar angkasa telah mencapai lebih dari satu miliar dolar. Baca juga >>

Pendiri Virgin Group dari kabin pesawat luar angkasa mengatakan penerbangan luar angkasa adalah pengalaman lengkap seumur hidup.

“Saya telah memimpikan momen ini sejak saya masih kecil, dan sejujurnya tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk melihat Bumi dari luar angkasa,” kata Branson setelah mendarat.

Rencananya Virgin Galatic akan memulai layanan komersial pada awal tahun 2022. Pesawat VSS Unity dirancang bisa menampung hingga enam penumpang, di luar dua pilot. Perusahaan ini telah memiliki 600 reservasi tiket yang dijual dengan harga sekitar $200.000 dan $250.000.

Dua miliarder lainnya Jeff Bezos dan Elon Musk harus mengakui kecepatan Branson mengembangkan industri wisata luar angkasa. Penerbangan ini menobatkan Branson sebagai pendiri perusahaan ruang angkasa pertama yang mengendarai pesawat ruang angkasanya sendiri. Baca juga >>

Bezos yang juga pendiri raksasa Ritel Amazon dijadwalkan terbang ke luar angkasa pada 20 Juli bersama saudaranya. Sementara Elon Musk dengan SpaceX nya belum menentukan tanggal penerbangan ke luar angkasa.

Branson percaya bahwa pasar wisata luar angkasa banyak peminatnya. Ada potensi 2 juta orang yang bersedia untuk membayar penerbangan luar angkasa dengan harga berkisar $250.000 hingga $500.000.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...