Wow, Ekonomi Digital Bakal Naik Tiga Kali Lipat di Tahun 2025

Ekonomi digital di Indonesia diperkirakan naik tiga kali lipat pada tahun 2025, dari 44 miliar dolar AS di tahun 2020 menjadi 124 miliar dolar AS di tahun 2025. Kenaikan didukung oleh populasi penduduk Indonesia sudah terdigitalisasi secara masif.

Menurut Chief Executive Officer BRI Venture Nicko Widjaja Indonesia adalah negara dengan internet economy terbesar dan tercepat di Asia Tenggara.

Menurutnya, potensi ekonomi ini akan membawa keuntungan bagi startup atau perusahaan rintisan teknologi yang telah memanfaatkan teknologi digital seperti industri e-commerce.

“Mereka mendapat manfaat dari kebiasaan masyarakat belanja daring selama PPKM,” kata Nicko saat menjadi pembicara dalam diskusi daring “The 6th International Conference on Management in Emerging Market (ICMEM) 2021,” pada kamis (12/8) lalu. Baca juga >>

Kebiasaan belanja makanan dengan sistem delivery order atau pengiriman makanan ke rumah juga dapat meningkatkan perkembangan perusahaan rintisan pengiriman makanan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu dan bahkan harus memanfaatkan teknologi digital untuk beradaptasi dengan keadaan pascapandemi Covid-19 untuk menuju bisnis yang bertahan dan berkelanjutan.

“Aktivitas masyarakat yang dibatasi selama pandemi mengakibatkan digitalisasi menjadi suatu keharusan bagi perusahaan agar tetap bertahan,” kata Suhaiza Zailani dari University of Malaya yang juga menjadi pembicara dalam diskusi tersebut.

Dia menceritakan pengalamannya di Malaysia, di mana Covid-19 berhasil mengubah pola pikir korporasi ke arah digitalisasi yang sebelumnya gagal.

Menurutnya, teknologi digital memungkinkan konektivitas menjadi lebih baik serta sebagai alat yang memungkinkan cara kerja baru.

Suhaiza mengungkapkan, ada beberapa tantangan pascapandemi yang bakal dihadapi perusahaan yaitu model bisnis baru, perubahan teknologi, perubahan ekspektasi pelanggan, dan masalah keberlanjutan. Baca juga >>

Perusahaan pun pada akhirnya perlu mereorganisasi proses bisnis, melakukan penghematan biaya, melakukan diversifikasi bisnis, dan menerapkan konsep keberlanjutan.

Indonesia disarankan untuk mengedukasi para pengusahanya dan juga tentu saja mahasiswa melalui program riset dan pendidikan tentang ekonomi digital. Indonesia perlu mengembangkan ekonomi sirkular yang tidak hanya membawa manfaat bagi perekonomian tapi juga bagi masyarakat.

#ekonomidigital #icmem #briventure

Baca Lainnya
Komentar
Loading...