Viral, Video Kuba Menentang Israel di Sidang PBB Soal Palestina

Sebuah video yang berasal dari tahun 2017 baru-baru ini menjadi viral. Dalam video tersebut seorang duta besar Israel untuk UNESCO Carmel Shama-Hacohen memaksa para hadirin berdiri mengenang pembantaian 6 juta Yahudi oleh Nazi Jerman.

Tapi begitu selesai, delegasi Kuba meminta hadirin berdiri untuk mengenang korban kejahatan Yahudi di Palestina.

“Karena UNESCO telah mengambil keputusan untuk memperingati Holocaust, saya berdiri di sini hari ini sebagai perwakilan negara Yahudi, oleh karena itu saya meminta agar kita berdiri bersama kami satu menit mengheningkan cipta untuk mengenang enam juta orang Yahudi yang terbunuh, dan semua orang yang dibunuh oleh Nazi atau mati berperang melawannya,” kata delegasi Israel Carmel Shama-Hacohen.

Saat itu delegasi Kuba menentang dengan mengatakan bahwa hanya Ketua yang dapat meminta untuk mengheningkan cipta selama satu menit. Padahal tidak ada satu pun delegasi negara Muslim yang menentang. Baca juga >>

“Saya pikir ini adalah interpretasi yang salah. Keputusan ini telah dimanipulasi. Komite ini tidak membuat keputusan apa pun mengenai tindakan terhadap Israel atau terhadap orang-orang Yahudi dan saya kira ini mengubah pertemuan ini menjadi sirkus yang dipolitisasi,” kata delegasi Kuba tersebut.

Dia lalu meminta hadirin untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk semua orang Palestina yang tewas di wilayahnya. Dia mengatakan, jika orang Yahudi dianggap penting maka orang Palestina juga tidak boleh dilewatkan.

Republik Kuba adalah negara yang terletak di Karibia utara, berpenduduk sekitar 11 juta. Negara ini dikenal sebagai penentang keras Amerika sehingga diembargo oleh Paman Sam.

Dalam sidang tersebut, delegasi Kuba telah melakukan pekerjaan untuk Palestina yang seharusnya dilakukan oleh negara-negara Muslim.

#kuba #israel #pbb

Baca Lainnya
Komentar
Loading...