Untuk Ringankan Chrome, Google Kembangkan PartitionAlloc

Siapa yang tidak kenal dengan Chrome? Bagi Anda yang melek internet, sudah pasti sangat familiar dengan browser besutan Google yang satu ini. Justru aneh ketika ada orang yang tidak mengetahuinya.

Sebagai salah satu peramban terbaik di dunia, Google terus melakukan inovasi-inovasi digitalnya untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya.

Salah satu yang terkini, Google sedang mengembangkan PartitionAlloc. Sebuah teknologi yang mampu mengurangi pemakaian resources system agar Chrome menjadi lebih ringan dan lebih ramah terhadap PC atau laptop.

Mengutip dari laman Chromium Googlesource, Minggu (21/2/2021), PartitionAlloc merupakan sebuah teknologi pengalokasi memori, yang dapat mengalokasikan ukuran yang cukup untuk objek di partisi memori.

Tetapi tujuan utama dari PartitionAlloc adalah keamanan. PartitionAlloc dapat membantu Chrome mengisolasi partisi yang berbeda satu sama lain di ruang URL. Sehingga dapat mencegah malware atau program jahat lainya menyerang sistem operasi.

Selain itu, PartitionAlloc juga bisa membuat Chrome dapat berjalan lebih cepat, pemuatan laman web lebih cepat, dan mengurangi konsumsi RAM yang selama ini terkenal boros.

Menurut laporan yang beredar, Google telah mengembangkan teknologi PartitionAlloc sejak tahun lalu. Raksasa teknologi itu berencana untuk menghadirkan PartitionAlloc ke Windows, Android, Linux, dan sistem operasi lainnya.

Jadi, sudah tidak sabar kita menunggunya, guys!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...