Untuk Meningkatkan Karir, TikTok Bisa Juga Lho…

Meningkatkan karir dengan TikTok, apa bisa? Itu mungkin pertanyaan sebagian besar orang. Mengingat, untuk masalah karir orang biasanya menggunakan aplikasi media sosial lain seperti LinkedIn, Instagram dan lainnya.

Pendiri Lunario Consulting, seperti dikutip fastcompany.com mengatakan, “TikTok dapat dengan cepat menjadi cara baru untuk mengikuti tren bisnis dan pencarian kerja.” Baca juga >>

Seperti kebanyakan orang, ia awalnya tidak tertarik dan cenderung menyepelekan TikTok. Tapi setelah mengunduhnya, tidak butuh waktu lama ia menemukan sesuatu di sana. Misalnya, mulai mendapat video yang berhubungan dengan bisnis. Kiat produktivitas, ide pemasaran, dan lain-lain.

“Dan, saya terkesima dengan betapa menariknya konten tersebut,” katanya.

Sejak saat itu, ia pun memanfaatkan TikTok secara lebih produktif untuk mengembangkan bisnis dan karir profesionalnya. Baca juga >>

Berikut 5 hal yang ia sarankan agar TikTok tidak hanya media untuk bersenang-senang belaka:

1. Mendapatkan tips aplikasi dan ide bisnis

Excel merupakan bahasa keseharian kebanyakan profesional. Di TikTok Anda bisa menemukan sejumlah tips dan trik tentang excel yang melalui akun TikTok miss.excel, misalnya.

Keberadaan miss.excel di kancah TikTok membantu begitu banyak profesional yang bekerja dengan program besutan Microsoft ini. Di TikTok, miss.excel sekarang menjadi semacam influencer terkait spreadsheet. Ia pun dijuluki sebagai Chief Excel Officer.

Miss.excel telah menghabiskan hari-harinya untuk mendidik orang-orang tentang berbagai formula dan pintasan yang dapat meningkatkan permainan data.

Selain miss.excel ada banyak pembuat konten tentang excel yang membagikan alat, kiat dan trik mereka dalam bekerja. Begitu pula tips dan trik tentang banyak hal lainnya.

Anda mungkin bisa mendapatkan tips semacam ini di blog atau video YouTube, tapi durasinya panjang. Hebatnya, di TikTok, karena dibatasi waktu, mereka membuat tips dan trik yang fokus ke inti masalahnya (to the point).

2. Memperluas jaringan

Menggunakan TikTok sebagai alat untuk membangun jaringan mungkin tampaknya belum umum, beda misalnya dengan LinkedIn, tapi ternyata bisa dilakukan. Berikut tipsnya:

  • Buat konten TikTok Anda sesuai dengan topik yang Anda sukai. Anda akan bertemu orang lain yang menyukai topik yang sama. Itu akan membuat lebih mudah memulai percakapan di bagian komentar.
  • Terlibat dengan konten pembuat konten lain. Misal mengajukan pertanyaan atau mengomentari video mereka.
  • Kolaborasi video. Ini cara yang bagus untuk menambah nilai pada trafik dan viewers Anda.
  • Cek link di bio mereka. Periksa apakah pembuat konten favorit Anda punya info kontak atau tautan penjadwalan kalender pribadi mereka.
  • Terhubung dengan mereka di LinkedIn lalu tulislah pesan pribadi bagaimana Anda menemukan mereka di TikTok.
3. Menemukan peluang bisnis

Untuk mendapatkan peluang bisnis di TikTok beberapa tips berikut ini mungkin bermanfaat untuk Anda:

  • Jadilah otentik. TikTok adalah platform yang cukup kasual dan sederhana, dan jika Anda mencari keuntungan pribadi, orang tidak akan melihat Anda. Lebih baik menggunakan pendekatan organik untuk menarik perhatian dari bisnis lain dengan melibatkan mereka. Misalnya dengan mengomentari video mereka, memperhatikan kehidupan mereka atau membicarakan mereka di video Anda.
  • Sebutkan bisnis yang ingin Anda hubungkan. Misalnya, sebutkan aplikasi atau bisnis favorit Anda dan bagaimana mereka membantu Anda. Mungkin saja nanti perusahaan-perusahaan ini akan memperhatikan video Anda dan menghubungi Anda secara langsung untuk mengajak bermitra.
  • Buatlah video yang menambah nilai (value). Untuk saat ini TikTok adalah salah satu platform paling mudah viral. Anda tidak perlu menjadi influencer mapan atau selebritis terlebih dulu. Yang Anda butuhkan hanyalah memberi nilai pada konten Anda, dan orang lain akan menyadarinya.
  • Jangan berjualan. TikTok bukan platform penjualan langsung. Jadi, tindakan terbaik Anda adalah membuat video yang menunjukkan pengetahuan dan keterampilan Anda.
4. Mencari pekerjaan

Jika Anda ingin menggunakan TikTok untuk berburu pekerjaan, berikut adalah beberapa tipsnya:

Buatlah video bertema “pekerjakan saya”. Banyak orang masih menggunakan pendekatan tradisional untuk melamar pekerjaan, TikTok adalah pasar yang baru dan belum dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan. Buat video 1 menit tentang apa yang dapat Anda kerjakan dan tautkan CV di bio Anda. Anda bisa membuatnya dengan kreatif atau sederhana. Tergantung perusahaan mana yang akan Anda lamar.

Buat video tentang keahlian Anda secara terpisah. Tentang keterampilan apa yang Anda miliki dan bagaimana keterampilan itu cocok untuk tempat kerja yang Anda inginkan. Baca juga >>

Tag perusahaan yang Anda inginkan. Dengan pendekatan yang begitu langsung dan pribadi, sulit bagi perusahaan tersebut untuk tidak memperhatikan.

5. Mencari bakat

Jika Anda sedang mencari bakat lewat TikTok, berikut beberapa tipsnya:

  • Buatlah video tentang “kami sedang mencari bakat”. Buatlah semudah mungkin diakses dan menyenangkan. Mintalah kandidat berkolaborasi dengan video Anda untuk menampilkan kenapa mereka layak bergabung dengan tim Anda.
  • Buatlah video tentang budaya perusahaan Anda. Namun karena TikTok bukanlah platform penjualan langsung, cobalah menunjukkan sisi manusiawi dari perusahaan Anda, bukan sisi produk. Ini cara yang bagus untuk menunjukkan pada kandidat untuk merasakan dengan siapa mereka akan bekerja.

Media sosial apapun pada dasarnya hanyalah sebuah alat, ia bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang kurang bermanfaat atau mubazir tapi juga bisa untuk meningkatkan karir. Jadi, kembali ke Anda!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...