Tips-tips Presentasi Online Agar Tetap Optimal

Presentasi menjadi bagian penting dari proses bisnis. Dibutuhkan untuk bermacam industri dengan berbagai skala. Baik itu bisnis yang baru merintis atau startup, maupun bisnis yang sudah berjalan.

Kemampuan memberikan presentasi yang jelas dan menarik sangat penting bagi perkembangan bisnis maupun karir seseorang.

Pada era sekarang ini kemampuan melakukan presentasi dengan baik menjadi amat penting karena semakin banyak aktivitas yang bergeser secara online.

Pergeseran ke online ini membuat sebagian orang merasa lebih nyaman di satu sisi, tapi juga membuat lebih menegangkan bagi kebanyakan yang lain.

Misalnya, saat memberikan presentasi pada pertemuan fisik, akan lebih mudah untuk mencairkan suasana dengan lelucon dan mendapat respon saat kita. Dibandingkan dengan pertemuan online, di mana semua orang tidak bersuara.

Namun, presentasi online bisa menjadi luar biasa jika dilakukan dengan benar. Mengutip Entrepreneur, berikut adalah beberapa tip yang bisa membantu Anda melakukannya.

1. Pahami platform secara utuh

Tidak seperti presentasi fisik yang komponennya standar, seperti panggung atau area presentasi, layar, penunjuk, dll., ada banyak platform konferensi video, dan kontrolnya bisa sangat berbeda-beda.

Nah, berusaha menemukan fungsi tertentu di tengah rapat tentu saja dapat merusak kepercayaan diri Anda, dan akan mengalihkan perhatian dari keseluruhan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Untuk menghindarinya, konfirmasikan platform apa yang akan Anda gunakan dan luangkan waktu untuk mempelajari seluruh fitur dan setting untuk membiasakan diri. Jika memungkinkan, lakukan uji coba seluruh presentasi Anda. Semakin nyaman dengan platform, presentasi akan menjadi lebih mulus.

2. Kuasai presentasi Anda

Pernahkah Anda mendengar tentang “Death by PowerPoint?”, yaitu saat seseorang menggunakan slide dengan sangat buruk. Seperti menyajikan informasi yang membingungkan, atau hanya membaca slide dengan suara monoton, dan audiens pun tertidur.

Nah, akan jauh lebih mudah untuk membuat audiens bosan, saat Anda menyampaikan presentasi secara online. Pasalnya audiens lebih mudah mengalihkan perhatian ketimbang jika mereka berada di antara orang-orang yang menonton Anda di atas panggung.

Salah satu cara untuk mengatasi jebakan ini adalah dengan membuat presentasi lebih menarik. Memastikannya mengandung elemen presentasi yang baik dan menggunakan teknik seperti variasi vokal, cerita dan humor.

Satu-satunya cara untuk bisa melakukan adalah dengan mengetahui materi Anda sedemikian dalam sehingga Anda dapat berbicara dengan cara yang komunikatif.

3. Gunakan perangkat yang sesuai

Perangkat yang digunakan akan tergantung pada jenis presentasi yang Anda berikan dan seberapa penting presentasi itu.

Untuk presentasi yang lebih santai kepada kolega Anda di tempat kerja, Anda cukup menggunakan kamera web dan mikrofon di komputer Anda, meskipun suara Anda kadang-kadang terdengar teredam dan videonya mungkin tidak terlalu jelas.

Namun, ketika Anda mempromosikan perusahaan Anda untuk investasi atau untuk mendapatkan kontrak besar, pertimbangkan untuk berinvestasi membeli webcam dan mikrofon eksternal yang akan membuat video dan suara Anda terdengar nyaring dan jelas. Bahkan, ada aplikasi yang bisa membersihkan audio Anda. Itu adalah pilihan tergantung anggaran.

Apa pun itu, yang jelas semakin jernih audio Anda semakin mudah untuk menyampaikan pesan, dan akan membuat audiens terus terlibat.

4. Gunakan fitur obrolan

Tidak seperti presentasi fisik, presentasi online membatasi kemampuan Anda untuk terlibat langsung dengan audiens, tapi Anda masih dapat melakukannya dengan menggunakan fungsi obrolan di platform mana pun yang Anda gunakan.

Anda bisa meminta penonton untuk mengajukan pertanyaan, atau Anda yang mengajukan pertanyaan dan meminta mereka untuk menanggapi.

Bahkan hal-hal yang sederhana seperti meminta mereka untuk mengetik “Ya” atau “Tidak” sebagai tanggapan atas sesuatu yang Anda tanyakan akan meningkatkan tingkat keterlibatan dan membuat mereka lebih fokus pada apa yang Anda sampaikan.

Anda kemudian dapat memilih pertanyaan dan komentar, lalu menanggapinya sambil menyebutkan nama orangnya. Hal itu akan membuat presentasi Anda lebih pribadi sehingga mendorong lebih banyak partisipasi.

Revolusi virtual telah membuat rapat menjadi lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih aman, tapi juga bisa menurunkan elemen pribadi dalam rapat dan presentasi. Nah, tips di atas memungkinkan Anda untuk tetap menjaga itu tetap berjalan dengan sempurna.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...