Tips Merawat Anggota Keluarga yang Terpapar Covid

Di tengah pandemi Covid-19, banyak sekali dokter yang aktif di media sosial memberikan tips-tips mengenai penanganan virus ini. Bahkan tak jarang, mereka membuka konsultasi kepada followers-nya secara gratis.

Salah satunya adalah dr. Faheem Younus, dokter lulusan King Edward Medical University, Pakistan pada tahun 1995. Melalui cuitannya di twitter dr. Faheem membagikan tips merawat anggota keluarga yang menderita Covid-19 di rumah.

Pemilik akun @FaheemYounus menyarankan dilakukan pemisahan kamar, kamar mandi berikut dengan peralatannya. “Tugaskan satu orang (tersehat) untuk merawat,” tulisnya. Baca juga >>

Dalam proses merawat anggota yang terpapar perlu ada pembatasan interaksi. Durasi interaksi kurang lebih sekitar 2-3 menit. Baik yang merawat dan dirawat harus menggunakan masker.

Jika tidak memungkinkan dilakukan pemisahan kamar mandi, dokter yang aktif menulis di Washington Post menyampaikan 5 hal yang perlu dilakukan; menggunakan masker, meningkatkan ventilasi udara, menggunakan handuk terpisah, membuka jendela antara jeda pemakaian dan membersihkan permukaan kamar mandi.

“Semakin lama kamar mandi kosong sebelum dipakai lagi, semakin baik,” cuit peraih Penghargaan Layanan Relawan Presiden (Presidential Service Award) dari pemerintahan Barack Obama pada 2008.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...