Tiga Langkah Memulai Bisnis Sampingan: Temukan Ide Anda

Apakah Anda seorang ‘pemimpi yang peragu’, ‘seorang mesin ide’, atau ‘seorang pendiri yang penuh harapan’?

Setidaknya, tiga kecenderungan karakter ini sering ditemukan pada diri para wirausaha. Salah satu karakter kerap ada pada mereka.

Seorang pemimpi yang peragu, memiliki ide tetapi kurang percaya diri . Seorang mesin ide biasanya memiliki terlalu banyak ide tapi kesulitan memilihnya. Dan, seorang pendiri yang penuh harapan, sangat termotivasi tapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Setiap kategori memiliki tantangannya tersendiri, tapi sebagian besar solusinya hampir sama. Yaitu, Jika Anda ingin memulai pekerjaan sampingan yang hebat, Anda perlu melakukannya dengan fokus, realistis, penuh kesadaran, dan mindset pemecahan masalah.

Nah, berikut ini tiga langkah untuk memilih ide yang tepat dalam memulai bisnis sampingan Anda, sebagaimana dikuti dari entrepreneur.com:

Langkah 1: Kenali diri Anda

Pikirkan tentang apa yang Anda minati, apa yang Anda sukai, dan apa kekuatan Anda.

Diskusikan, di area mana yang memungkinkan Anda memanfaatkan minat dan bakat Anda.

Seorang bernama Marianne Murphy adalah contoh yang bagus untuk ini. Dia ingin menjadi pengusaha tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Jadi, dia mempelajari apa yang dia ketahui terlebih dulu.

Dia memiliki latar belakang pemasaran, pekerjaan penuh waktu di rumah sakit, serta memiliki lima orang anak. Itulah titik awalnya: produk kesehatan anak-anak yang membutuhkan pencitraan merek yang hebat.

Langkah 2: Identifikasi masalah

Pengusaha sukses mencari masalah yang bisa mereka selesaikan, bukan bisnis yang bisa mereka mulai.

Setelah Anda mengidentifikasi masalah, jelajahilah. Jangan mengumpulkan 10 ide berbeda dan membuang waktu untuk mengejarnya. Pilih salah satu, lalu bicarakan dengan orang yang punya masalah tersebut untuk mengetahui apakah mereka bersedia membayar solusi Anda.

Itulah yang dilakukan Murphy. Dia tahu bahwa anak-anaknya benci menyikat gigi dan ingin melihat apakah dia bisa membuat pengalaman yang lebih baik. Jadi, dia menulis buku dan membuat sikat gigi yang bisa memutar musik untuk mengiringinya.

Itu berhasil untuk anak-anaknya. Dia kemudian berbicara dengan teman, keluarga, dan ibu-ibu TK untuk memastikan bahwa mereka memiliki masalah yang sama dan meminta mereka untuk mencoba sikat gigi musiknya.

Langkah 3: Jangan berinovasi

Begitu banyak orang berpikir bahwa ide sampingan mereka harus jenius dan benar-benar unik agar bisa berhasil. Tapi itu tidak benar. Lebih mudah dan lebih murah, untuk memberikan kembali sentuhan pada ide yang sudah ada.

Itu juga yang dilakukan Murphy. Dia mulai menjual buku dan sikat giginya dengan nama “The Twin Tooth Fairies”. Apakah Murphy seorang penemu sikat gigi? Tentu saja bukan. Tapi dia menawarkan sesuatu yang baru. Sekarang, buku dan sikat gigi musiknya ia jual secara online di Walmart dan Amazon, dan telah menghasilkan 3.000 US dolar uang tambahan per bulan.

Ide bisnis sampingan bisa datang dari mana saja. Lihatlah kemampuan diri Anda, lihat juga ke luar seperti kebutuhan pasar untuk menemukan apa yang dibutuhkan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...