Ternyata, Sistem Imun adalah Dokter Terbaik

Setiap kita pergi memeriksakan kesehatan diri ke dokter, pada saat ditemukan masalah, biasanya dokter akan memberikan kita obat-obatan dan vitamin.

Namun, kita jarang sekali diberikan pengetahuan mendetail tentang penyakit dan kesehatan, apalagi tentang tubuh kita sendiri.

“Padahal, tubuh kita memiliki sistem imun yang memiliki prosedur sendiri dalam menangani penyakit yang kita idap,” ujar Tauhid Nur Azhar & Bambang Trim dalam Jangan ke Dokter Lagi!

Menurut mereka, kesadaran masyarakat akan pentingnya sistem imun yang melindungi dan membela tubuh dari penyakit begitu rendah. Hal itu diperburuk oleh industri farmasi yang mengklaim obat adalah penyembuh penyakit.

Jelas saja, lanjut mereka, hal itu karena mereka memiliki kepentingan bisnis dengan selalu mengatakan bahwa obat adalah penyembuh utama segala macam penyakit.

“Akibatnya, kesadaran akan pentingnya menjaga sistem imun tetap rendah di tengah masyarakat,” ujar mereka.

Mereka mengatakan bahwa tubuh manusia telah mengalami evolusi selama berjuta-juta tahun. Fisik manusia saat ini adalah hasil kemampuan tubuh kita dalam menangani mikroba bibit penyakit, yaitu bakteri, virus, dan jamur.

Tubuh kita, kata mereka, mampu bertahan dari serangan mikroba yang berpotensi menyebabkan penyakit.

“Hal itu karena tubuh kita memiliki sistem pertahanan sendiri dengan menghasilkan antibodi jika mikroba itu tumbuh melebihi batas,” ujar mereka.

Meski begitu, kata mereka, sedikit sekali di antara kita yang sadar akan hebatnya kekuatan sistem imun ini.

“Padahal, menurut hasil penelitian baru-baru ini, satu-satunya protein yang mampu melindungi tubuh manusia dari virus AIDS terdapat dalam air liur kita,” pungkas mereka.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...