Terbang ke Luar Angkasa, Cita-cita Jeff Bezos yang Sebentar Lagi Terwujud

Banyak orang telah bekerja keras mengejar cita-cita di masa kecilnya. Sebagian berhasil, sebagian lagi banyak yang tak sempat mewujudkannya. Entah karena gagal, atau keburu meninggal.

Jeff Bezos, rupanya bakal menjadi salah satu orang yang berhasil mewujudkan cita-cita masa kecilnya, dalam waktu tak lama lagi: terbang ke luar angkasa. Bukan karena dia astronaut, tapi inilah proyek ambisius yang dia kerjakan bertahun-tahun, untuk mewujudkan keinginan manusia jalan-jalan ke luar angkasa.

Bos Amazon ini, menyatakan pada Senin (7/6), bahwa dia dan saudaranya, Mark Bezos, akan terbang ke luar angkasa bulan depan, tepatnya pada tanggal 20 Juli.

Terbang ke luar angkasa ternyata sudah menjadi cita-cita Bezos sejak kecil. Dan, setelah sukses di dunia bisnis dengan mendirikan Amazon, ia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya itu dengan membangun perusahaan bernama Blue Origin.

“Sejak saya berusia lima tahun, saya bermimpi jalan-jalan ke luar angkasa,” tulis Bezos di akun Instagram pribadinya.

“Pada 20 Juli, saya akan melakukan perjalanan itu dengan saudara saya,” lanjutnya. Keduanya berencana melakukan penerbangan manusia pertama dari sebuah pesawat ruang angkasa New Shepard yang dibuat oleh perusahaan eksplorasi ruang angkasa milik Bezos, Blue Origin.

“Saya ingin melakukan penerbangan ini karena itu adalah hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya. Ini adalah petualangan, ini hal besar bagi saya,” kata Bezos dalam sebuah video yang diposting di Instagram.

“Saya mengajak saudara saya untuk berada dalam penerbangan pertama ini, karena kami adalah teman terdekat,” lanjutnya.

Bagaimana respon Mark Bezos? Ternyata, dia tak menyangka bakal diajak oleh sang kakak untuk pergi ke luar angkasa.

“Saya bahkan tidak mengharapkan dia mengatakan dia akan berada di penerbangan pertama. Ketika dia meminta saya untuk ikut, saya sangat terkejut,” kata Mark Bezos dalam video yang sama.

Mengutip Insider, Blue Origin telah melelang kursi untuk penerbangan tersebut. Penawaran untuk satu dari enam kursi di pesawat ruang angkasa tersebut telah mencapai angka USD 2,8 juta (hampir Rp 40 miliar) dengan hampir 6.000 peserta dari 143 negara.

Penawaran langsung di situs web Blue Origin tersebut akan berakhir dengan lelang online langsung.

Perjalanan selama 11 menit yang direncanakan, merupakan penerbangan wisata luar angkasa terjadwal pertama yang dilakukan perusahaan ini. Perjalanan ini akan mengantarkan wisatawan dan kru berada pada 62 mil di atas permukaan bumi.

Maksimal enam orang dapat masuk ke dalam kapsul yang diletakkan di atas roket pendorong. Setelah New Shepard mencapai ketinggian tertentu, kapsul itu akan melepaskan diri dari booster lalu masuk kembali ke atmosfer dan melayang ke Bumi dengan bantuan parasut.

Jeff Bezos mendirikan Blue Origin pada tahun 2000. Dalam sebuah wawancara pada 2018, dia mengatakan bahwa itu adalah pekerjaannya yang paling penting.

Bezos rencananya akan mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada 5 Juli nanti. Sebelumnya, dia mengatakan ingin banyak mencurahkan perhatiannya untuk Blue Origin. Sebagaimana mimpi dia saat kecil, yang sebentar lagi bakal diwujudkannya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...