Sudah Saatnya, Ini 7 Cara Perempuan Mengembangkan Diri

Mengembangkan diri adalah hal yang patut dilakukan tak terkecuali oleh perempuan. Meski perempuan memiliki multi peran, bukan berarti tak memiliki kesempatan untuk memperkuat potensi dan mengembangkan anugerah yang Allah berikan padanya.

Terlebih perempuan memiliki tugas khusus yang amat mulia yakni sebagai ibu yang mengasuh dan mendidik anak sebagai pelanjut peradaban.

Dengan kata lain, mengembangkan dan memajukan diri perempuan berarti membangun generasi yang membangun peradaban ke depan.

Apalagi hal ini juga diisyaratkan oleh baginda nabi Muhammad Saw saat ada yang menanyakan padanya mengenai siapa manusia yang paling berhak dan layak untuk diperlakukan dengan baik? Beliau menjawab ibumu, kemudian ibumu dan ibumu baru kemudian ayahmu.

Hadis tersebut bisa mengisyaratkan bahwa perhatian kepada kaum perempuan semestinya tiga kali lebih besar dari perhatian kita kepada kaum lelaki.

Setiap perempuan memiliki kekuatan sesuai potensi dan bidangnya masing-masing. Perempuan juga memiliki impian dan ambisi untuk merengkuh hal-hal yang mereka inginkan.

Namun ada saja faktor penghambat yang membuatnya sulit untuk mengembangkan diri. Mulai dari hambatan dari dalam diri, hingga faktor budaya dan lingkungan yang membentuk persepsi masyarakat yang kurang adil terhadap kaum perempuan.

Lalu bagaimana cara perempuan mengembangkan dirinya?

1. Selalu Optimis

Gagal itu biasa, yang terpenting ialah seberapa sering untuk bangkit dan bangun kembali. Jadikan setiap kegagalan sebagai pelajaran untuk lebih baik ke depannya. Demikian juga dengan kritik yang datang, jadikan ia sebagai pelecut untuk terus memperbaiki diri. Optimis adalah ciri orang yang beriman kepada Allah Yang Maha Mengatur segala-galanya. Selalu berharap baik lah pada-Nya.

2. Bergabung dalam Lingkaran Positif

Kemampuan yang paling dibutuhkan ialah kemampuan untuk mendapatkan bantuan dan dukungan. Hal ini yang jarang disadari dan dilewatkan oleh orang kebanyakan. Jangan hanya mengandalkan kemampuan pribadi.

Oleh karena itu penting bagi Anda bergabung dalam lingkungan, teman, sahabat, ataupun komunitas yang positif. Yang di dalamnya ada rasa untuk maju bersama saling dukung mendukung.

3. Disiplin dalam Bersyukur

Bersyukur mudah diucapkan, tetapi mengaplikasikan rasa syukur atas anugerah Allah Swt itu bukan hal yang mudah. Terlebih lagi konsisten untuk menjalankannya. Bersyukur juga berarti selalu melihat hal dalam perspektif yang positif.

Itu artinya membutuhkan husnudzan (baik sangka) kepada Allah dan berupaya mengoptimalkan aneka potensi potensi dan anugerah-Nya untuk tujuan yang direstui-Nya.

4. Mencoba Hal Baru

Tak ada salahnya mencoba hal baru dan menjajal sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jangan hanya berada pada comfort zone padahal potensi diri tidak juga berkembang.

Cari ide baru, teman baru, jaringan baru, kolaborasi baru, dan hal lain yang masih terkait dengan potensi Anda. Jangan takut untuk mencoba, lebih baik gagal dalam melakukan daripada tidak pernah sama sekali. Karena penyesalan datang pada mereka yang tak pernah mencoba.

5. Jangan Bandingkan Dengan Orang Lain

Tugas kita adalah melakukan yang terbaik. Jangan bandingkan kelemahan Anda dengan kelebihan orang lain. Hal itu hanya akan menyiksa dan mempersulit diri sendiri sekaligus menepikan syukur kepada Allah Swt. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki potensi dan takdir yang berbeda satu sama lain.

6. Belajar dari Pengalaman

Belajar dari pengalaman diri itu sangatlah baik, namun belum cukup. Sebab umur Anda terbatas untuk belajar dari kesalahan sendiri. Sehingga belajar dari pengalaman orang lain mutlak diperlukan. Selain menghemat umur, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi yang bisa membuat hidup Anda lebih baik. Pengalaman juga membuat Anda lebih bijak dalam menjalankan hak dan kewajiban serta menjalankan peran yang sesuai dengan fitrah penciptaan-Nya.

7. Belajar dari Yang Lebih Berpengalaman

Hal yang juga penting dan efektif adalah Anda memiliki arahan atau panduan dari mentor yang lebih berpengalaman. Guru yang berpengalaman bukan hanya dibutuhkan dalam hal terkait perjalanan spiritual menuju Allah. Tetapi juga dalam rangka mengembangkan diri seoptimal mungkin. Mereka bisa membantu Anda untuk mengenali bakat, skill dan kekuatan untuk lebih ditingkatkan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...