Strategi Menambang Uang dari Channel YouTube untuk Pemula

Apakah Anda berencana memulai channel YouTube pada awal tahun 2021 ini? Apakah salah satu tujuannya untuk menghasilkan uang?

Saat ini YouTube adalah rumah bagi creator video. Seperti media sosial lainnya, selama pandemi penggunaannya pun melonjak. Menurut perusahaan tersebut, channel baru naik 95% pada tahun 2020.

Penghasilan sebagai youtuber memang menarik. Namun apakah penghasilan yang besar itu bisa didapat dengan mudah? Tentu saja tidak semudah yang Anda bayangkan.

Untuk itu, mengutip influencive.com strategi berikut ini penting bagi Anda, khususnya pemula, agar bisa memulai channel YouTube Anda dengan benar, dan tentu saja bisa menghasilkan uang.

1. Membatasi Ceruk

Cobalah melayani penonton terbatas melalui video Anda, daripada ambisi ingin menarik perhatian semua orang.

YouTube sangat menghargai ‘topical expertise’ atau keahlian seseorang pada satu topik tertentu. Sebagai pemilik channel yang masih kecil, strategi ini akan sangat membantu Anda. Yaitu dengan membahas secara mendalam topik terbatas yang dapat Anda bicarakan terus menerus selama beberapa bulan.

Youtuber Ali Abdaal sekarang memiliki 1 juta subscriber dengan melakukan review teknologi, video pelajaran, dan topik sejenis itu. Dia memulainya empat tahun lalu, dari mulai membuat video eksklusif tentang cara lulus ujian masuk sekolah kedokteran untuk empat universitas di Inggris. Secara bertahap dia memperluas “ceruk” penontonnya.

2. Tetap Konsisten

Jika subscriber Anda tidak mendengar kabar dari Anda selama beberapa minggu, mereka akan mulai menonton video dari beberapa creator lain. Tapi jika Anda mengupload video secara rutin, mereka akan memantau terus video Anda.

Algoritma YouTube, konon mempertimbangkan 100 penayangan terakhir yang telah ditonton untuk menentukan apa yang ditampilkan di feed. Jika video di channel Anda tidak termasuk dalam seratus video terakhir ini (karena tidak pernah mengupload video untuk beberapa waktu), Anda akan kesulitan menjangkau subscribers Anda sendiri, apalagi menjangkau pemirsa baru. Lupakan saja.

3. Fokus pada Kualitas Konten

YouTube berkali-kali menetapkan bahwa penonton tidak harus terlalu memperhatikan kualitas produksi video. Mereka telah menetapkan apa yang akan ditonton itu berdasarkan “minat”.

Jadi, Anda tidak perlu memikirkan video yang mewah, apalagi sebagai pemula. Fokus saja pada memberikan value atau nilai kepada pemirsa Anda dan menyajikan konten berkualitas tinggi.

Berikut sejumlah tips yang bisa membantu:

  • Buatlah video series
  • Bicarakan tentang subjek yang sama secara mendalam pada beberapa video. Mengapa? Karena YouTube ingin menampilkan video sebanyak mungkin kepada penggunanya.
  • Jika Anda membuat serangkaian video yang terkait, YouTube akan menampilkan lebih banyak video Anda di bagian yang direkomendasikan. Hal ini akan memberi kesempatan lebih banyak konten untuk ditonton, dan saluran Anda akhirnya mendapatkan lebih banyak waktu tonton. Dengan begitu, arah channel Anda untuk berkembang sudah benar.

Bahkan, sebagai sebuah channel bisnis pun, Anda harus mengikuti tips di atas untuk mengembangkan saluran YouTube milik brand atau merek Anda.

Bagaimana mulai menambang uang dari channel YouTube Anda?

Banyak strategi untuk menambang uang dari channel YouTube yang Anda kembangkan, tetapi Anda bisa memulainya dari 5 strategi ini.

1. Bahkan seorang pemula tanpa basis subscribers yang besar pun sebetulnya sudah dapat menawarkan jasa editing video ke bisnis lain, dan bisa menghasilkan uang dari jasa ini.

2. Mereview produk di ceruk yang Anda miliki juga bisa berfungsi untuk memulai kerja sama pemasaran sebuah produk.

3. Setelah Anda memiliki sekian ribu subscribers, bukan ide yang buruk untuk mulai mempromosikan jasa endorse YouTube Anda ke produk bisnis. Anda sudah memiliki bukti sosial untuk mengembangkan channel Anda, layanan pemasaran Anda akan dibayar dengan baik.

4. Untuk mendapatkan sponsor dari YouTube, Anda membutuhkan sekitar 10 ribu subscribers, tapi Anda sejatinya bisa mendapat sponsor lebih awal ketika viewers Anda ada pada ceruk yang terbatas.

5. Program Mitra YouTube (Partner Program) adalah cara yang mudah untuk monetisasi channel Anda melalui iklan. Tapi, untuk tahu saja, Anda harus terlebih dahulu memenuhi ambang batas yaitu 4 ribu jam waktu tonton dan 1.000 subscribers sebelum Anda bisa mengajukan permohonan.

Bagaimana, Anda tertarik memulai channel Youtube Anda?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...