Selamat Datang GoTo

Dua raksasa perusahaan teknologi digital, Gojek dan Tokopedia resmi “kawin” dan berganti nama menjadi GoTo. Dalam keterangan resmi yang disampaikan pada Senin (17/5), kolaborasi dua raksasa ini menciptakan platform pertama di Asia Tenggara yang menggabungkan e-commerce, on demand dan financial services.

Gojek adalah platform layanan on-demand  dan finansial, sementara Tokopedia merupakan perusahaan teknologi lokapasar (marketplace). Kolaborasi dua entitas ini diyakini akan memperkuat ekosistem layanan yang semakin kompleks dan variatif.

Gojek yang berdiri pada tahun 2010 menyandang status startup decacorn pada April 2019 dengan valuasi sebesar 10 miliar dollar AS. Lebih dari 2 juta mitra pengemudi telah bergabung, 900.000 UMKM dan 190 juta pengunduh aplikasi.

Hingga saat ini total pendanaan yang telah mengalir ke Gojek sebanyak 5,3 miliar dollar AS dengan estimasi pendapatan sebesar 8 juta dollar/tahun. Sejumlah investor utama yang menyokong adalah Tencent, Warburg Pincus, Google, JD.com, Kohlberg Kravis Roberts.

Sementara Tokopedia saat ini memiliki nilai valuasi sebesar 7 miliar dollar AS dengan total pendanaan 3,3 miliar dollar AS. Perusahaan lokapasar dengan estimasi pendapatan 15 juta dollar AS ini disokong sejumlah investor utama seperti Alibaba Group, CyberAgent Capital, SoftBank Vision Fund, SoftBank Ventures Asia dan Beenos Partners.

Saat ini sebanyak 9 juta pedagang telah bergabung di Tokopedia dengan 100 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Langkah GoTo selanjutnya adalah rencana pelepasan saham di bursa. Valuasi GoTo diperkirakan mencapai 18 miliar dollar AS atau 261 triliun, melebihi Unilever Tbk dan Astra Internasional yang memiiki kapitalisasi pasar 214,5 triliun dan 211 triliun.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...