Sederhana Tapi Bermakna, Bisa Dilakukan Selama Pandemi Covid-19

Ulama sufi asal Amerika Serikat Syekh Hisyam Kabbani membuat unggahan menarik di halaman Facebook official-nya tentang bagaimana menyikapi pandemi Covid-19.

Beliau menuliskan, “Apa yang harus dilakukan selama Covid-19”. Jawabannya tampak merupakan aktivitas-aktivitas sederhana, tapi sejatinya begitu mendalam maknanya.

Pertama, pilihlah bunga segar dari kebun Anda. Kedua, berikan bunga-bunga itu kepada kekasih Anda. Ketiga, Buatlah Allah dan Rasulullah begitu bahagia. Keempat, tiuplah pikiran-pikiran setan.

Ketika beliau ditanya, bagaimana kalau tidak punya orang terkasih di samping kita? Beliau menjawab, “berikan bunga-bunga itu kepada siapa saja”.

Unggahan ini menyiratkan, betapa di tengah berbagai macam kesulitan dan penderitaan akibat pandemi Covid-19 ini, menebarkan cinta adalah sesuatu yang penting. Kepada orang-orang terdekat, teman, saudara, tetangga, bahkan kepada seluruh umat manusia.

Mengutip laman greenpeace.org, ada sejumlah cara sederhana namun bermakna yang bisa kita lakukan untuk merawat cinta kepada sesama selama pandemi Covid-19 berlangsung, di antaranya:

Mengecek Tetangga yang Sudah Tua

Meskipun saat ini sedang dianjurkan, tapi isolasi sosial bisa membuat seseorang kesepian, apalagi bagi orang yang sudah renta.

Mengecek tetangga yang usianya tua, apalagi tinggal sendirian adalah langkah sederhana namun penting. Pengecekan bisa dilakukan dengan menelepon atau mengecek langsung jika tidak ada alat komunikasi. Segera ambil langkah-langkah keamanan yang tepat jika terjadi sesuatu.

Tetap Terhubung dengan Orang-orang yang Mengalami Isolasi

Misalnya, kirimi mereka meme lucu untuk menghibur. Hubungi mereka dengan panggilan telepon atau video call. Jangan abaikan apalagi melupakan mereka. Berikan dukungan moral dan sosial.

Luangkan Sedikit Waktu Menjadi Relawan

Tawarkan kepada orang yang terisolasi untuk misalnya, mengambil dan mengantarkan belanjaan, camilan atau hal-hal lain yang mungkin mereka butuhkan. Sambil tetap menjaga diri Anda sendiri sesuai protokol kesehatan dan keamanan.

Waktu dan tenaga Anda bisa menjadi bantuan berarti untuk seseorang yang membutuhkan dukungan.

Memerangi Informasi Hoax di Media Online

Ini langkah sederhana tapi besar manfaatnya untuk menyelamatkan banyak orang dari kesesatan informasi selama pandemi Covid-19. Caranya, Anda bisa melaporkan informasi hoax tersebut kepada platform yang menangani hal ini, misalnya ke Kominfo atau lembaga lain yang menangani ini.

Selalu dapatkan informasi dari sumber terpercaya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, dokter atau rumah sakit yang Anda percayai.

Buat Hiburan Melalui Obrolan Video

Jarak fisik dan sosial tidak berarti membuat kita tidak bisa merasa dekat dengan orang-orang yang kita cintai. Jadilah kreatif dengan membuat obrolan yang menghibur dan menyenangkan melalui live video seperti Skype, Hangouts atau Zoom. Misalnya pada saat ada anggota keluarga yang merayakan ulang tahun.

Bagikan Berita Positif terhadap Komunitas Anda

Ada banyak aktivitas di luar sana tentang orang-orang yang saling membantu. Bagikan berita baiuk itu. Berbicaralah tentang itu. Bangun kebersamaan positif untuk mencegah agar kita tidak terjebak dalam keputusasaan karena kabar buruk.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...