Sebentar Lagi, WhatsApp Bisa untuk Rapat Online?

Ada kabar baik bagi para pengguna WhatsApp, karena tahun depan aplikasi perpesanan gratis ini mungkin bakal bisa digunakan untuk rapat online.

Menyusul Zoom dan Google Meet, WhatsApp tengah merampungkan fitur baru: video call dan voice call. Diungkap oleh juru bicara perusahaan tersebut, fitur ini bakal hadir di aplikasi WhatsApp versi website atau WhatsApp Web.

Fitur ini kemungkinan akan membuat WhatsApp setara dengan dengan aplikasi rapat online lain yang sudah populer sebelumnya: Zoom dan Google Meet.

Tapi, mengutip Reuters, sebagian besar panggilan di WhatsApp akan digunakan untuk kepentingan pribadi bukan kebutuhan kantoran.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp pada desktop tidak bisa memulai panggilan video atau bahkan panggilan suara. Dan ini kerap dikeluhkan. WhatsApp tentu saja tanggap, dan akan menangani masalah ini.

Portal berita independen WABetaInfo, menguak rencana terbaru WhatsApp tersebut. Menurut mereka, pembaruan baru tersedia dalam versi beta. Tapi perusahaan masih mencari cara untuk terus meningkatkannya.

Sejumlah pakar teknologi memperkirakan, ketika fitur baru ini sudah berfungsi sepenuhnya, bakal menjadi ancaman bagi perusahaan besar seperti Google Meet, Microsoft dan Zoom.

Menurut laporan portal berita ini, ketika pengguna mencoba menelepon menggunakan WhatsApp web, maka jendela baru akan terbuka. Namun, ketika pengguna memulai panggilan, dia akan diminta untuk membuka obrolan dan memilih opsi panggilan video atau audio. Opsi ini akan ditempatkan tepat di sudut kanan atas.

Pengguna iOS atau Android bisa menggunakan fasilitas ini dengan maksimal delapan anggota dalam panggilan video atau audio grup. Tapi, WhatsApp belum mengungkapkan berapa maksimal untuk pengguna di desktop.

Sebetulnya, pengguna WhatsApp Web sudah bisa menggunakan layanan video call dengan memanfaatkan Messenger Rooms. Ini adalah aplikasi video call milik Facebook yang menempel pada WhatsApp.

Caranya, pengguna tinggal klik ikon klip yang ada di kiri bawah kemudian pilih Room, selanjutnya pengguna akan dialihkan ke Messenger Facebook untuk membuat Room.

WhatsApp adalah aplikasi pesan suara dan teks asal Amerika yang kini dimiliki Facebook. Aplikasi ini dirilis pada 3 Mei 2009. Di antara semua aplikasi perpesanan lain seperti Messenger, Web Chat, aplikasi berbahasa Cina, dan Instagram, WhatsApp memiliki pengguna tertinggi, sekitar 2 miliar secara global.

Tren Rapat Online

Pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat untuk tidak banyak melakukan mobilisasi di luar rumah. Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah juga menjadi tren. Rapat online akhirnya menjadi tren. Aplikasi Zoom dan Google Meet mendapat berkah dari tren ini.

Aplikasi Zoom gratis dibatasi hanya 40 menit, sementara Google Meet 60 menit. Tapi kabarnya, Zoom Video Communications Inc menjanjikan menghapus sementara video call gratis 40 menit selama musim liburan. Jadi, pengguna Zoom bisa menggunakan layanan ini gratis sepanjang hari.

Google Meet juga melakukan hal serupa, menghapus sementara batas waktu video call gratis selama 60 menit hingga Maret 2021. Pengguna juga bisa melakukan video call gratis seharian.

Lalu, seperti apa sistem yang bakal diberlakukan WhatsApp pada video call dan voice call meetingnya? Tunggu saja.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...