Saat Ini Ada 3 Miliar Lebih Perangkat Android di Seluruh Dunia

Berapa jumlah perangkat berbasis Android di seluruh dunia? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi banyak pelaku industri atau bisnis yang terkait dengan platform digital.

Bagaimana tidak, Android, sebagaimana juga pesaingnya IOS, menjadi operating system yang banyak digunakan oleh masyarakat pengguna smartphone.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Sameer Samat, VP manajemen produk Google menyampaikan bahwa saat ini ada 3 miliar lebih perangkat Android yang aktif di dunia.

Samat menyampaikan informasi penting tersebut dalam perhelatan Google I/O 2021 yang disiarkan langsung secara online, Selasa, (18/5).

Mengutip The Verge, Google sejauh ini telah menambahkan lebih dari 500 juta perangkat Android aktif sejak konferensi pengembang terakhirnya pada tahun 2019, dan total 1 miliar perangkat semenjak tahun 2017. Jadi, pada tahun 2019, angkanya sudah mencapai 2 miliar.

Jumlah itu diambil hanya dari Google Play Store, dan tidak memperhitungkan perangkat akun berbasis Android, yang menggunakan toko alternatif, termasuk perangkat Amazon Fire dan banyak perangkat berbasis Android Cina yang sama sekali tidak menggunakan aplikasi Google.

Dengan demikian, jumlah perangkat Android yang aktif kemungkinan masih jauh lebih besar daripada yang diumumkan. Diakui atau tidak, saat ini mayoritas smartphone maupun perangkat lain dari berbagai merek banyak yang mengandalkan Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, vivo, Asus, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan pengguna IOS atau Apple. Pada awal tahun ini, Apple mengumumkan ada lebih dari 1 miliar iPhone yang aktif. Artinya, angka tersebut hanya sepertiga dari jumlah perangkat Android.

Ini sekaligus menggambarkan bahwa dominasi smartphone dan tablet Apple sebagian besar hanya terbatas di Amerika Serikat dan beberapa wilayah lainnya. Sementara mayoritas tempat di dunia didominasi oleh Android. Bagaimana, Anda termasuk kelompok yang mana? Android atau IOS?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...