Remote Wireless Charging Akan Jadi Kenyataan

Pernahkah terbayangkan dalam benak kita bahwa suatu saat kita ng-charge Handphone (smartphone) tanpa nyolokin charger ke listrik. Gagasan ini pernah terlontar, tapi banyak orang yang menganggapnya sebagai fiksi (mustahil).

Namun, hal itu kini tidak lagi menjadi hal yang mustahil. Kabarnya, Xiaomi tengah menyiapkan teknologi seperti ini. Mi Air Charge Technology, itulah julukan yang disematkan Xiaomi pada perangkat ini.

Dalam akun twitter resminya, Xiaomi mengenalkan demikian, “Kami sangat senang mempersembahkan kepada Anda teknologi pengisian daya jarak jauh – Mi Air Charge Technology! Isi daya beberapa perangkat secara bersamaan saat Anda bermain game, berjalan-jalan atau bahkan ketika ada sesuatu yang menghalangi.”

Sebenarnya, pengisian daya nirkabel dari jarak jauh bukanlah teknologi yang pertama. Sebelumnya juga sudah ada inovasi teknologi serupa, salah satunya Energous WattUp. Namun dari sekian banyaknya teknologi remote wireless charging, belum ada satu pun yang hadir di pasaran. Sementara Xiaomi belum membicarakan secara spesifik kapan tanggal rilis atau perangkat keras apa saja yang kompatibel.

Ilustrasi. (Foto: sindonews.com)

Teknologi ini bakal mengusung pengisian daya 5W yang menggunakan 144 antena di stasiun pangkalan dan mengirimkan gelombang milimeter ke smartphone, kemudian smartphone menerima gelombang tersebut dengan antena 14 array.

Konon, perangkat ini dikatakan mampu mengisi beberapa smartphone sekaligus, melewati objek fisik, dan mengirimkan daya ke semua jenis perangkat elektronik di sekitar ruangan pengguna, dari smartwatch hingga speaker.

Keren bukan! Jadi, sudah tidak sabar kita menunggu kemunculannya di pasaran.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...