Potret Menarik Ramadhan di Tengah Pandemi

Bulan Ramadhan identik dengan semarak kebersamaan beribadah di masjid-masjid dan mushala di seluruh dunia. Tapi pandemi Covid-19 membuat suasana Ramadhan tahun ini agak berbeda.

Di sejumlah tempat, meski masjid tetap buka untuk melaksanakan salat berjamaah, tapi harus tetap mengikuti protokol kesehatan, menjaga jarak dan memakai masker. Meskipun sebuah masjid di Aceh tetap menyelenggarakan salat berjamaah seperti biasa.

Negara-negara dengan mayoritas muslim mulai memberlakukan pembatasan pada pertengahan Maret 2020. Arab Saudi mengunci sebagian besar tempat ibadah di Mekah dan Madinah serta menghentikan ibadah umrah sepanjang tahun ini, dan mungkin juga haji.

Lebih banyak masjid dan musala yang tutup dan umat muslim diharuskan beribadah di rumah. Namun itu semua tidak membuat aktivitas ibadah di bulan Ramadhan terhenti sama sekali. Silaturahmi dan pengajian secara online menjadi alternatif yang kini banyak dilakukan umat muslim.

Berikut ini gambar-gambar menarik yang diambil dari sejumlah tempat di seluruh dunia, mengilustrasikan ibadah puasa Ramadhan yang dilakukan umat muslim di tengah pandemi Covid-19, dikutip dari newsobserver.com:

(Foto: AP)

Di Turki, Esat Sahin, Imam Masjid Fatih Istanbul salat tanpa jamaah pada 24 April 2020.

(Foto: AP)

Di Seattle, Ahmad Kamel menggendong putranya Yusuf Kamel ketika istrinya Nadia Chaouch menyaksikan streaming salat taraweeh dari sebuah masjid yang hampir kosong pada 28 April 2020.

(Foto: AP)

Tiga orang wanita menunggu takjil Ramadan di Masjid Imam Ahmed Raza Jaame Springs, sebelah barat daya Johannesburg, 23 April 2020.

(Foto: AP)

Di Bangkok, Thailand sebuah keluarga muslim salat setelah berbuka puasa di ruang tamu rumah mereka ketika pengantar makanan melintas pada 28 April 2020.

(Foto: AP)

Di Aceh muslim membaca Alquran dengan memakai masker pada hari pertama bulan puasa Ramadhan di sebuah masjid, 24 April 2020.

(Foto: AP)

Di Dakar, Senegal, Bara Tambedou dan istrinya Mame Sey berbuka puasa bersama keluarga mereka pada hari pertama bulan Ramadhan, Sabtu, 25 April 2020.

(Foto: AP)

Di Lahore, Pakistan, relawan menyemprotkan desinfektan di masjid bersejarah Badshahi sebelum digunakan untuk ibadah Ramadhan, Rabu, 22 April 2020.

(Foto: AP)

Di Kairo, Mesir, Hajja Dalal (46 th) seorang ‘mesaharati’ membangunkan orang-orang untuk sahur pada 29 April 2020.

(Foto: AP)

Di Prancis, seorang pria memakai masker dan menjaga jarak saat salat di Masjid Tahara, Marseille, Prancis Selatan, 24 April 2020.

(Foto: AP)

Di Aceh ada gambar menarik namun disayangkan, muslim melaksanakan salat Jumat berjamaah pada hari pertama bulan Ramadhan tanpa mengindahkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, 24 April 2020.

Di Palestina, pedagang mengenakan masker tetap berjualan acar di pasar Zawiya selama Ramadhan di Kota Gaza pada Selasa, 28 April 2020.

Semoga gambaran suasana Ramadhan yang tidak biasa dari berbagai penjuru dunia ini, membuat kita sebagai muslim semakin merindukan bulan suci Ramadhan dalam suasana ibadah yang normal, semarak, tanpa ketakutan dan kekhawatiran.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...