Ponpes Al Ittifaq Bandung Jadi Contoh Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren

Pondok Pesantren Al Ittifaq di Ciwidey Bandung Jawa Barat menjadi contoh ketahanan pangan berbasis pesantren.

Karena itu, pemerintah melalui Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berencana menyiapkan Alif Learning Center di pesantren tersebut.

Menurut Menkop UKM, learning center tersebut merupakan wadah inkubator bisnis di Ponpes Al Ittifaq.

Kemenkop UKM memberikan sejumlah dukungan pembiayaan terhadap Ponpes Al Ittifaq.

“Alif Learning Center akan kita jadikan sebagai inkubator bisnis supaya koperasi bisa belajar di sini,” kata Teten saat melakukan kunjungan ke Ponpes Al Ittifaq beberapa waktu lalu, sebagaimana dikutip dari ipb.ac.id.

“Target kita adalah kerja sama dengan 98 ponpes yang akan jadi pemasok sayuran ke Al Ittifaq,” lanjutnya. Baca juga >>

Teten berharap ke depan Alif Learning Center bisa menjadi pusat pembelajaran tentang bagaimana membangun model bisnis koperasi di bidang pangan.

CEO Koperasi Pesantren (Kopontren) Al Ittifaq, Agus Setia Irawan dalam kesempatan tersebut menuturkan, korporatisasi petani membuat ekonomi dapat terdistribusi ke berbagai daerah.

Menurutnya, petani menjadi lebih produktif dengan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Menurut Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria yang ikut dalam kunjungan, pesantren dapat menjadi basis ketahanan masyarakat, terlebih di masa pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

“Kita datang ke sini untuk melihat bagaimana peran pesantren dalam memberdayakan pertanian di Ciwidey. Ini satu hal yang positif sekali,” ucap sang rektor.

Ponpes Al Ittifaq yang berlokasi di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung mampu mengelola agribisnis dari hulu sampai hilir dengan sangat baik.

Ponpes juga berperan membangun ekonomi masyarakat melalui pertanian.

Para santri tidak hanya diajari soal pengetahuan agama tapi juga dibekali ilmu pertanian dan agribisnis. Baca juga >>

Menurut Prof Arif kepemimpinan pondok pesantren sangat menentukan keberhasilan transformasi pertanian di pondok.

Ponpes Al Ittifaq dipimpin oleh KH Fuad Affandi yang juga sekaligus pendiri Ponpes.

“Leadership kiai sangat diperlukan untuk mentransformasi pertanian ke arah modern. Pesantren Al Ittifaq ini bukti bahwa pesantren mampu menjadi salah satu sumber inovasi pertanian,” katanya.

#alittifaq #pondokpesantren #pangan

Komentar
Loading...