Platform Pembelajaran Digital Kian Melejit di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 tampaknya masih akan berlangsung dalam waktu yang lama. Rencana pembelajaran tatap muka pun tertunda lagi dengan alasan keselamatan. Walhasil, platform pembelajaran digital atau online masih menjadi alternatif.

Sejak pandemi mulai merebak, platform pembelajaran online atau e-learning banyak diburu di Tanah Air.

Salah satu e-learning yang banyak diminati adalah Zenius Education. Platform ini berdiri sejak tahun 2004. Kini Zenius telah berevolusi dengan menghadirkan konten-konten edukasi yang siap membantu para orang tua mendampingi anaknya selama belajar di rumah akibat pandemi.

Zenius saat ini telah memiliki sekitar 80 ribu video yang dapat diakses secara gratis melalui aplikasi maupun website.

Pada tahun 2016-2017, jumlah total video yang ditonton secara online di Zenius telah mencapai 38 juta views.

Selama pandemi, Zenius mengklaim mencatatkan kenaikan pengguna yang cukup signifikan.

Daerah-daerah dengan jumlah pertumbuhan paling pesat diantaranya Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, dan Papua.

Selain Zenius, kenaikan signifikan dialami oleh platform pendidikan online besutan Telkom yang bernama ‘Pijar Mahir’.

Platform ini mengalami kenaikan pengguna secara signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Head of Product Pijar Elnofian mengatakan, respon positif masyarakat Indonesia telah membuat pengguna Pijar Mahir naik dua kali lipat di tahun ini.

Pada semester I tahun ini, capaian visitor sudah mendekati raihan dari total raihan setahun.

“Demikian pula dari sisi pendapatan, semester I tahun ini pencapaiannya dibanding dengan pencapaian semester I tahun 2020 lalu, sudah sangat jauh meningkat,” kata Elnofian.

Pijar Mahir diklaim sebagai evolusi dari beragam platform pembelajaran digital sejak tahun 2000.

Diawali dengan PPDB Siap Online kemudian berkembang menjadi e-Learning Guru Pembelajaran (2015), PaDi/Pustaka Digital (2016) dan Kerja Indonesia (2017).

Ada pula program komunitas yakni Internet Goes To School (2000), Bagimu Guru Kupersembahkan (2006-2014), My Teacher My Hero (2010), BLC Merah Putih Daerah Terluar (2013), Digital Lounge (2013-2015), hingga Telkom Disability Center (2016-2018).

Pijar Mahir menjadi salah satu mitra digital resmi untuk program Kartu Prakerja sejak 2020 hingga saat ini.

Sudah lebih dari 300 pelatihan kategori pra kerja mencakup bidang bisnis, usaha dan marketing, kreativitas, pengembangan diri, serta aplikasi perkantoran dan Bahasa Inggris.

Pihak Pijar mengklaim, kekuatan dari platform ini adalah dengan biaya per pelatihan sangat terjangkau, mulai dari Rp75 ribu per modul peserta sudah memperoleh sertifikat, baik untuk program Mahir Teknologi, Mahir Digital, Mahir Marketing, Mahir Bahasa, UMKM, dan Pengembangan Diri.

Selain itu, proses pelatihannya juga simpel, dimulai dari pre test, menyaksikan video pembelajaran, post test, hingga webinar.

Peserta bisa dengan mudah memilih menu pelatihan, metode pembayaran, mengikuti pelatihan, hingga mengunduh sendiri sertifikat setelah lulus.

Pandemi membuat platform yang terbilang baru itu (rilis tahun 2020) sekarang sudah memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna di seluruh Indonesia.

#platform #zenius #elearning

Baca Lainnya
Komentar
Loading...