Pesan Syekh Yusuf Al Makassary Untuk Berprasangka Baik

Berprasangka baik banyak mendatangkan keuntungan dan kebaikan bagi siapa saja yang melakukannya. Diantaranya mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan.

Dengan berbaik sangka kita bisa terhindar dari penyesalan bila ternyata prasangka kita itu keliru. Selain itu berbaik sangka juga bisa membuat hubungan kita dengan teman, sahabat, saudara ataupun partner bisa lebih harmonis serta terhindar dari permusuhan dan keretakan hubungan.

Sebagaimana salah satu nasehat Mursyid Tarekat Syekh Yusuf Al Makassary yang termaktub dalam kitab Zubdatul Asrar.

“Diantara kelaziman seorang hamba ialah senantiasa berbaik sangka kepada manusia seluruhnya. Sekalipun secara lahiriah orang tersebut dalam kesesatan atau pelanggaran.”

Syekh Yusuf Al Makassary beralasan kita mesti selalu berprasangka baik kepada manusia bagaimana pun bentuknya. Karena sejatinya rahmat-Nya Allah itu jauh lebih luas dari apapun.

وَرَحۡمَتِي وَسِعَتۡ كُلَّ شَيۡءٖۚ

Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. (Surat Al-A’raf, Ayat 156)

Di dalam hadis qudsi juga Allah berfirman,

إِنَّ رَحْمَتِي غَلَبَتْ غَضَبِي

Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan amarah-Ku. (HR. Bukhari).

Kasih sayang Allah melebihi apapun termasuk amarah-Nya. Sehingga orang yang mampu berprasangka baik kepada siapapun ialah orang yang di dalam qalbunya ada kasih sayang dari-Nya.

Syekh Yusuf Al Makassary juga menyebutkan bahwa berbaik sangka kepada manusia itu bisa mengantar kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah Swt.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...