Pesan Ramadhan: dari Donald Tump hingga Ratu Yordania

Muslim di seluruh dunia saat ini telah memulai ibadah bulan puasa Ramadhan 1441 hijriah. Semua mengetahui Ramadhan kali ini agak berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Ini pula yang membuat sejumlah tokoh dunia menyampaikan pesan kepada umat Islam di seluruh dunia agar tetap menjalankan ibadah puasa dengan baik dan penuh makna, meski di tengah keprihatinan pandemi Covid-19.

Berikut ini ucapan selamat Ramadhan sekaligus pesan keprihatinan bagi muslim dari sejumlah tokoh dunia, sebagaimana dikutip dari Newsweek.com.

Presiden AS Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pesan pada hari Kamis 23 April 2020 lalu. Trump mengatakan:

“Bagi jutaan orang muslim di seluruh dunia, bulan suci ini adalah kesempatan untuk memperbarui dan memperkuat iman melalui puasa yang sungguh-sungguh, salat yang baik, perenungan, membaca Alquran dan amal ibadah lain.”

Trump menegaskan, apa yang dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan sangat selaras dengan nilai-nilai universal yang selama ini diajarkan oleh agama Islam, yaitu perdamaian, kebaikan, cinta serta rasa hormat terhadap orang lain.

“Selama beberapa bulan terakhir, kami telah melihat betapa pentingnya kekuatan doa di masa-masa sulit. Hari ini, ketika bulan suci Ramadhan dimulai, saya berdoa agar mereka yang menjalankan bulan suci ini menemukan kenyamanan dan kepastian dalam iman mereka. Ramadhan Mubarak,” kata presiden negeri Paman Sam itu.

Presiden AS Doland Trump. (ourtimebd.com)
PM Kanada Justin Trudeau

Selain Trump, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga memberi semangat kepada umat muslim seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Dia membagikan pesannya lewat channel YouTube-nya, yang mengatakan tentang bagaimana Ramadhan kali ini akan berbeda bagi banyak muslim.

“Meskipun tidak ada keraguan bahwa Ramadhan tahun ini akan berbeda, saya mengerti bahwa orang-orang muslim sudah punya cara untuk tetap memberikan makna kepada kehidupan.”

Dia juga meminta warga Kanada, termasuk muslim yang menjalankan ibadah Ramadhan, untuk terus menjaga jarak sosial, mengatur belanja seminggu sekali, dan mengadakan perayaan dengan anggota keluarga secara online.

Ratu Rania, Yordania

Ratu Rania dari Kerajaan Yordania juga tak ketinggalan membagi pesan Ramadhannya di akun Instagram miliknya.

“Ramadhan merupakan waktu yang penuh berkah dan kasih sayang,” tulisnya.

“Meskipun kita kehilangan tradisi berbagi di bulan suci ini dengan teman-teman dan keluarga yang berkumpul saat buka puasa, tapi kita memiliki keyakinan bahwa Tuhan akan segera menyatukan kita kembali dan menjaga Yordania yang kita cintai tetap aman dan sehat.”

Bagi muslim, sesungguhnya tidak ada masalah terlalu berarti untuk menjalankan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan kali ini. Semua kewajiban bisa dijalankan, meskipun terbatas dari rumah.

Tradisi berjamaah, seperti buka puasa bersama, tadarus, hingga pengajian atau taklim untuk sementara bisa diganti dengan berbagai alternatif, termasuk dengan memanfaatkan teknologi.

Dengan datangnya Ramadhan, bulan suci yang dipenuhi berkah, justru dunia berharap pandemi Covid-19 segera berlalu dan dunia akan kembali seperti semula.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...