Pentingnya Tim yang Solid Demi Mencapai Kesuksesan

Apa perbedaan antara para miliarder dengan orang biasa? Para miliarder memiliki tim yang solid demi mencapai kesuksesan. Sedangkan orang biasa mengira bahwa kesuksesan dicapai dengan kemampuan diri sendiri.

“Tidak ada dari mereka yang benar-benar bekerja sendirian, bahkan yang tampak sendirian memiliki tim kunci,” ujar Robert Jordan dalam bukunya How They Did It.

Menurut Monica Anggen & Erlita Pratiwi dalam 99 Perbedaan Miliarder & Orang Biasa, tidak ada miliarder yang berhasil menjadi miliarder hanya mengandalkan kemampuan dirinya sendiri. Banyak di antara para miliarder yang berhasil menjadi miliarder berkat mengadakan kolaborasi dengan seseorang atau kelompok orang yang mereka percaya. Inilah yang tidak banyak diketahui oleh orang biasa.

“Kebanyakan orang biasa mengira bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan kemampuan diri mereka sendiri. Mereka bekerja keras setiap waktu, bahkan mengambil lembur dan tidak menikmati waktu libur,” tulis Monica & Erlita dalam karyanya itu.

Monica dan Erlita mengatakan bahwa para miliarder mencurahkan tenaga, pikiran, dan seluruh waktu mereka hanya untuk mencapai sukses dengan mengandalkan diri sendiri. Mereka mengerjakan apa saja dari A sampai Z. Mereka terlihat sibuk setiap saat dan setiap waktu.

“Mereka tidak akan mampu menjalankan perusahaan, mengumpulkan modal, mencari investor, merancang produk, berinovasi, menemukan peluang, memperluas jaringan pertemanan, dan sebagainya dalam satu waktu dan secara bersamaan. Mereka tetap membutuhkan orang lain,” ujar mereka lebih lanjut.

Perlu kita ketahui, kata Monica & Erlita, bahwa untuk mendirikan suatu usaha, kita memerlukan banyak hal yang bisa mendukung dan mempermudah kita dalam prosesnya. Kita butuh orang lain untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul. Kita butuh orang lain demi terkumpulnya modal.

“Kalau kita bisa menemukan partner dan menjadikan mereka sebagai tim solid untuk bersama-sama mencapai sukses, maka sudah bisa dipastikan bahwa kesuksesan dan kekayaan bukanlah tujuan yang sulit untuk dicapai,” pungkas mereka.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...