Peluang, Risiko dan Kesuksesan

Peluang memiliki dampak pada kesuksesan seseorang. Peluang bisa datang sekali, berkali-kali, dan bisa jadi tidak datang sekali pun. Sesuatu yang mengikuti peluang biasanya risiko. Risiko inilah yang menjadi pertimbangan apakah peluang itu diambil atau tidak. Ayoo kita obrolkan.

Jika peluang datang berkali-kali, Anda dapat mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk menangkapnya. Dalam kasus ini biasanya memiliki risiko kecil. Peluang seperti ini tidak memberi dampak berarti pada kesuksesan. Perlu dipertimbangkan adalah kesiapan diri untuk menjalani peluang ini.

Jika peluang datang sekali (jarang), seluruh energi harus dikerahkan untuk mempertimbangannya. Meskipun berat dan ada konsekuensi yang mengikutinya, ini bisa menjadi titik awal perpindahan hidup.

Berikut tips mengelola peluang yang mungkin berguna untuk Anda.

Perhatikan usia. Saat usia masih muda biasanya belum memiliki ‘tanggung jawab’ yang banyak, masih penuh dengan energi dan semangat. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk mengambil peluang yang berisiko. Jika ada pilihan less risk dan risky, ambil yang berisiko.

Peluang berisiko bisa untuk mengukur kemampuan fisik, mental dan keterampilan Anda. Rugi, jika masih muda tidak membiasakan diri mengasah kompetensi dengan menghadapi risiko. Abaikan rasa malas dan lelah yang bisa mematikan semangat Anda.

Anda yang telah berusia perlu pertimbangan yang lebih matang untuk mengambil aktivitas yang berisiko. Jika memutuskan untuk tidak mengambil risiko bisa dimaklumi. Banyak dampak buruk yang bisa terjadi jika salah dalam mengambil keputusan. Hal-hal yang penuh dengan gambling seharusnya sudah dilalui saat masih muda.

Perhatikan peluang. Jika ini adalah peluang yang jarang terjadi, Anda perlu mempertimbangkan dengan seksama. Ada risiko besar juga yang mengintai. Perhatikan seluruh ‘kekayaan’ yang Anda miliki, karena itulah bekal anda. Kekayaan dapat berupa kesehatan, semangat, pengetahuan, ketrampilan, usia, termasuk tanggungjawab yang harus dipikul.

Jika Anda merasa cukup, berdoa kepadaNya untuk memohon petunjuk. Bulatkan tekad, ambil keputusan lalu jalani dengan maksimal. Ingat, jangan pernah menyesal jika gagal. Proses ini akan menjadi pembelajaran yang penuh makna. Bahkan menjadi cerita yang bisa menginspirasi banyak orang agar tidak mengalami hal yang sama.

Bagun sikap optimis, selalu ada peluang di setiap kesulitan. Bukan pesimis, selalu ada kesulitan di setiap kesempatan.

Contoh, Anda mendapatkan peluang beasiswa untuk melanjutkan studi. Jika gagal sesuai yang disepakati oleh donor, Anda harus mengganti seluruh biaya pendidikan, dan biaya lainnya. Apakah Anda akan ambil peluang itu?

Kekayaan diri. Beruntunglah bagi yang ‘kaya’! Siapa itu? Orang yang menjaga dirinya dengan ‘aura’ positif. Orang yang memiliki semangat, daya juang, dan berupaya meningkatkan keterampilan. Tidak perlu mengambil risiko jika Anda merasa tidak ‘kaya’. Jika dipaksakan Anda akan mengeluh sepanjang perjalanan. Tidak baik bagi kesehatan.

Kekayaan diri adalah anugerah dariNya. Perbanyak bersyukur dan selalu mendakat kepadaNya. Bangun hubungan yang baik dengan Sang Maha Pemberi Inspirasi, Motivasi dan Persistensi.

Atur diri. Buatlah rencana, laksanakan dengan fokus dan seksama. Ingat, Anda memiliki tugas untuk menyelesaikan peluang. Sebelum selesai masih ada risiko yang mengintai.

Bagaimana dengan peluang bisnis? Jika peluangnya besar tentu menyenangkan, jika peluangnya kecil itu berisiko. Menurut ahli, jika peluangnya kecil, sebaiknya tidak masuk secara langsung (penuh) tetapi melalui penyertaan awal, percobaan produk (tester) dan pengamatan produk.

Bisa juga melalui penyertaan pada produk yang ada. Jika pasar ternyata responnya kecil, maka tidak perlu dimasuki, sehingga biaya investasi yang hilang tidak terlalu mahal.

Jika berhasil, jangan lupa, memberi ciri produk sehingga lebih mudah dibedakan dengan lainnya. Peluang kecil (gambling) tidak boleh dimasuki dengan dana yang besar, dan atau uang ‘dapur’. Harus diingat risiko (gagal) besar dapat mengubah bisnis dan kehidupan secara fundamental. Khawatir tidak siap!

Sekarang saatnya Anda mempertimbangkan setiap peluang. Ukur terlebih dahulu karakter risikonya?

Saya menginginkan hasil yang pasti-pasti saja, atau saya bisa memahami jika hasil yang diperoleh fluktuatif. Semua pilihan di tangan Anda. Jangan lupa seruput kopinya!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...