Panglima TNI Hadiri Haul Imamain Di Malang

MALANG – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri acara Haul Akbar Imamain sekaligus Harlah ke-74 Ponpes Darul Hadits Al Faqihiyah Ahlussunnah Wal Jamaah di Aula Ponpes Darul Hadits Al Faqihiyah, Malang, Jawa Timur, Ahad (3/3).

Haul Al Ustadz Al Imam Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih Al Alawi yang ke-58 dan haul Al Ustadz Al Imam Prof. Dr. Habib Abdulloh bin Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih Al Alawi ke-28 dihadiri oleh puluhan ribu jamaah baik ulama, habaib serta alumninya dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan bahwa pondok pesantren punya peran penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Ia menghimbau agar para santri menjaga silaturahmi serta mewarisi spirit dan meneladani kedua tokoh ulama yang banyak bededikasi mencerdaskan bangsa.

“Kita tidak menginginkan kemajuan dari perpecahan melainkan persamaan. Mari mengisi dan melengkapi Bhineka Tunggal Ika dengan melangkah maju di berbagai bidang dalam berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Acara haul dimulai sejak Sabtu (2/3) dengan berziarah bersama serta khatmil Qur’an dan pembacaan kata mutiara dari Imamain yaitu pendiri dan penerus Ponpes yang didirikan sejak tahun 1945. Sedangkan sejak Ahad pagi ada pembacaan maulid Nabi SAW.

Selain itu, dalam tausiahnya, KH. Abdul Qoyyum mengatakan, “tujuan utama saya hadir adalah untuk mencari berkah dan istifadah (belajar) bukan ifadah (mengajar) serta mendapatkan syafaatnya shahibul haul,” ucap kiai yang akrab disapa Gus Qayyum.

Beliau juga sempat membacakan kitab karya Habib Abdulloh Miatu Faidah. Sebagai penutup, “semoga kita mendapat syafaatnya para ulama habaib dan negara kita dilindungi Allah dari semua bahaya,” ujar pengasuh Pondok Pesantren An-Nur Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Hadir Wakil Gubernur Jawa Tengah, Walikota Malang serta dari jajaran TNI dan Polri. (eep)

Baca Lainnya
Komentar
Loading...