Mengenal Kakeibo, Seni Mengatur Uang Ala Jepang

Kakeibo adalah teknik ataupun metode menabung uang. Teknik ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1908 oleh perempuan Jepang bernama Hani Matoko. Teknik ini kemudian diperkenalkan kembali oleh Fumiko Chiba melalui buku Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money (2017).

Metode kakeibo ini bisa dibilang sederhana, karena tidak membutuhkan alat canggih seperti memakai aplikasi digital. Anda bisa menggunakan metode ini hanya dengan buku catatan pena biasa atau secara konvensional.

Kunci utama dari kakeibo ini ialah mencatat seluruh pendapatan dan pengeluaran dalam sebulan. Dengan adanya buku catatan ini, akan terlacak dari mana uang masuk dan ke mana uang keluar. Dengan begitu Anda merasa memiliki kontrol penuh terhadap pengeluaran.

Untuk memakai metode kakeibo ini, Anda bisa menerapkannya dengan sebelumnya menjawab empat pertanyaan dasar berikut ini:

  1. Berapa banyak uang yang tersedia? Pertanyaan ini mengarah pada penghasilan Anda.
  2. Berapa banyak yang ingin disimpan? Pertanyaan ini merujuk pada berapa uang yang akan Anda tabung.
  3. Berapa banyak uang yang dibelanjakan? Pertanyaan ini mengarahkan Anda agar menghitung dengan sadar pos-pos pengeluaran.
  4. Bagaimana cara memperbaikinya agar lebih baik? Pertanyaan ini didasarkan pada jawaban pertanyaan nomor satu sampai tiga. Anda menganalisa setiap kategori dan meninjau mana yang bisa dihemat dan dibelanjakan secara bijak.

Usai memahami keempat pertanyaan di atas, Anda bisa menerapkan metode Kakeibo ini dengan langkah sebagai berikut:

Pertama, buat catatan awal bulan

Pada tahap pertama ini, Anda perlu menulis secara lengkap pemasukan Anda setiap bulan dan menetapkan anggaran dan tujuan keuangan.

Kedua, tentukan nominal yang ditabung

Pada tahap ini Anda langsung menentukan berapa nominal uang yang akan ditabung. Langkah ini sangat penting agar Anda tak kecolongan karena selalu gagal menabung. Baru setelah itu gunakan sisanya untu keperluan sehari-hari.

Ketiga, buat catatan pengeluaran secara terperinci

Tahap ketiga ini Anda sudah mencatat dan mengkategorikan pengeluaran menjadi empat kategori.

Kebutuhan primer atau pokok seperti makan, transport, tempat tinggal. Kebutuhan sekunder seperti hiburan dan jalan-jalan. Kebutuhan tambahan seperti pembelian buku dan majalah. Pengeluaran lain di luar dugaan seperti kondangan, perbaikan rumah dan servis.

Empat, lakukan evaluasi rutin

Setelah Anda melakukan ketiganya, lakukan evaluasi secara rutin, mulai dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Catatan yang Anda miliki menjadi acuan untuk bahan evaluasi. Identifikasi mana yang jadi kebutuhan dan keinginan. Semakin Anda evaluasi maka tujuan keuangan Anda akan semakin terpenuhi.

Metode Amplop

Untuk lebih menghemat uang secara efektif, Anda bisa memperkuat teknik kakeibo dengan metode amplop. Anda hanya perlu membagi pos-pos anggaran sesuai kategori sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda ke dalam sejumlah amplop yang telah diberi label.

Jika uang dalam amplop dalam pos tertentu sudah habis sebelum waktunya, berarti jatah anggaran untuk kategori itu sudah habis. Namun usahakan Anda tak mengambil porsi dari amplop lain yang bukan kategorinya demi menutup anggaran lain yang kurang. Dengan begitu, Anda semakin disiplin dalam mengeluarkan uang.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...