Mengapa Personal Mission Statement Itu Penting?

Sejumlah perusahaan besar telah membuat pernyataan misi atau mission statement mereka yang menggambarkan kenapa mereka ada, dan melakukan pekerjaan mereka.

Google misalnya, mempunyai pernyataan misi demikian: “to organize the world’s information and make it universally accessible and useful.” Yaitu, “untuk mengatur informasi dari belahan dunia dan membuatnya dapat diakses serta berguna secara universal”. Dengan kata lain, Google ingin memberikan layanan terbaik terhadap pelanggan.

Pernyataan misi menegaskan sebuah keyakinan dan nilai inti dari sebuah organisasi atau perusahaan, serta akan memperkuat visi bisnis jangka panjang.

Tidak hanya perusahaan, ternyata seseorang juga harus mempunyai pernyataan misi pribadi. Mirip seperti perusahaan melakukannya.

Pernyataan misi pribadi akan menggambarkan keyakinan kita tentang apa yang kita perjuangkan dan bagaimana kita berencana mewujudkan nilai-nilai itu.

Dengan kata lain, pernyataan misi pribadi adalah definisi kita tentang arti sebuah kesuksesan, yang belum tentu sama dengan pandangan orang lain.

Ini adalah sebuah pernyataan singkat, biasanya satu atau dua kalimat, yang merujuk pada apa yang kita inginkan dalam hidup kita. Jadi, ini seperti kompas yang akan membantu kita tetap pada trek untuk mencapai tujuan.

Pada saat kita mengalami keragu-raguan di persimpangan kehidupan kita, atau terjadi penolakan terhadap suatu perubahan, maka kita pun dapat kembali pada pernyataan misi pribadi yang kita buat itu. Selain ia untuk memandu kita kembali, juga agar kita mendapatkan motivasi.

Membuat Pernyataan Misi Pribadi

Masalahnya, kerapkali orang kesulitan untuk mulai membuat pernyataan misi tersebut. Bagaimana caranya? Nah, mengutip Forbes, berikut ini langkah-langkah agar Anda dapat dengan mudah menuliskan pernyataan misi pribadi Anda.

Tugas Anda adalah, menjelaskan tentang “kenapa” Anda?

Pertama, lakukan brainstorming, dan mungkin pertanyaan-pertanyaan berikut ini bisa membantu:

  1. Apa yang menginspirasi Anda dan membuat Anda bangun tidur di pagi hari?
  2. Apa kekuatan yang Anda miliki?
  3. Bagaimana Anda mengukur kesuksesan dalam hidup Anda?
  4. Apa yang Anda perjuangkan? Dan apa yang Anda lawan?
  5. Kemunduran apa yang telah Anda alami, dan apa pelajaran yang dapat Anda petik.
  6. Nilai, karakter positif atau keterampilan apa yang ingin Anda kembangkan lebih lanjut?
  7. Frasa apa yang memandu tindakan Anda sehari-hari?
  8. Hubungan penting apa yang ingin Anda kembangkan dalam hidup Anda?
  9. Bagaimana perasaan Anda setiap hari?

Kedua, buatlah pernyataan misi pribadi dengan jelas dan singkat, tidak lebih dari tiga kalimat.

Ketiga, gunakan bahasa positif. Misalnya, jangan katakan soal apa yang tidak ingin Anda lakukan lagi, tapi fokuslah bahwa Anda ingin menjadi orang yang seperti apa.

Keempat, berikut ini contoh kalimat-kalimat yang bisa Anda gunakan sebagai pernyataan misi pribadi, misalnya:

“Untuk… [apa yang ingin Anda capai atau lakukan]…, sehingga… [alasan kenapa hal itu penting]. Saya akan melakukan ini dengan… [perilaku atau tindakan tertentu yang akan Anda terapkan untuk sampai ke sana].”

“Hiduplah setiap hari dengan… [pilihlah 1 hingga 3 nilai]… sehingga… [apa yang akan diberikan nilai-nilai itu terhadap hidup Anda]. Saya akan melakukan ini dengan… [perilaku spesifik yang akan Anda terapkan untuk hidup dengan nilai-nilai tersebut]. ”

Dengan mendefinisikan “kenapa” Anda harus seperti ini, dan menjelaskan apa tujuan Anda yang lebih besar, hal ini kelak akan menjadi jangkar yang dapat membantu Anda ketika mengatasi berbagai perubahan situasi di masa mendatang.

Ketika keadaan menjadi sulit dan momentum Anda berkurang, maka mengingat “pernyataan misi pribadi” akan membantu Anda percaya diri, tetap berpegang pada rencana yang Anda buat.

Sebagai Muslim tentu saja misi atau tujuan yang paling akhir adalah menyembah atau beribadah kepada Allah. “Laa maqshuda illallah.” Ini bisa dicapai lewat kekayaan, kesuksesan bisnis, atau bahkan lewat kesederhanaan dan kebersahajaan.

Jadi, sekarang apa misi pribadi Anda?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...