Membangun Brand di Media Sosial

Tahun 2021 ini, tercatat sekitar 4,48 miliar orang di dunia menggunakan media sosial setiap harinya. Artinya, hampir separuh populasi dunia terlibat dalam aktivitas online ini. Dengan demikian, kemungkinan besar citra merek atau brand sebuah usaha saat ini juga akan sangat bergantung pada kehadiran media sosial di tengah-tengah masyarakat.

Tapi bukanlah hal mudah membangun merek di media sosial dengan berbagai latar belakang dan karakter penggunanya. Nah, berikut ini sejumlah tips terbaik yang mungkin bisa membantu Anda untuk membangun brand usaha Anda di media sosial, seperti dikutip dari Native News:

1. Selalu Perbarui Profil Anda

Langkah pertama dan paling mendasar dalam membangun merek secara online adalah memperbarui profil online Anda.

Sebagai sebuah merek, Anda tentu ingin terlihat dan dapat diakses oleh banyak orang. Jadi, orang harus dapat menemukan informasi yang akurat tentang profil Anda di setiap platform media sosial Anda.

Anda juga harus memastikan bahwa setiap detail yang ingin diketahui pengunjung telah diisi dan tersedia. Baca juga >>

Terakhir, ingatlah untuk menghapus konten kontroversial yang mungkin pernah Anda posting sebelumnya. Sebab hal ini dapat mengakibatkan reputasi buruk Anda di masa depan. Tentu akan berbahaya bagi pertumbuhan merek usaha Anda.

2. Menetapkan tujuan SMART

Salah satu strategi branding di media sosial adalah SMART, singkatan dari:

Spesifik: Anda perlu menetapkan tujuan tertentu sebelum Anda meluangkan waktu dan energi untuk mencapainya.

Measurable (Terukur): Tujuan yang Anda tetapkan untuk merek Anda harus dapat diukur. Seperti jumlah pengikut atau jumlah keterlibatan.

Achievable: Pastikan bahwa tujuan yang Anda tetapkan untuk merek Anda dapat dicapai dalam waktu dekat.

Relevant (Relevan): Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana rencana tersebut akan berdampak dan menguntungkan bagi bisnis Anda.

Timely (Tepat waktu): Selalu tetapkan kerangka waktu (time line) untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Identifikasi Target Audiens Anda

Semua orang di dunia tentu tidak dapat menjadi audiens yang Anda targetkan. Anda harus secara spesifik menentukan misalnya jenis orang yang akan mendapat manfaat dari konten yang Anda posting atau layanan yang Anda tawarkan.

Dalam jangka panjang, pertimbangkan target audiens yang akan membantu Anda membelanjakan uang Anda secara efektif dan memasarkan merek Anda kepada orang-orang yang relevan.

4. Buat Konten yang Menarik

Setelah Anda mengidentifikasi target audiens Anda, dan telah memperbarui profil Anda, sekarang saatnya untuk membuat konten. Branding di media sosial yang baik dicapai melalui konten yang hebat.

Saat ini orang-orang lebih merespons konten visual ketimbang teks. Jadi, buatlah infografis dan gambar untuk memaksimalkan jangkauan dan kesan Anda pada followers Anda.

Gunakan warna yang menarik dalam grafis yang Anda buat. Ingat untuk menggunakan tagar populer berdasarkan jenis konten Anda sehingga orang dapat mengaksesnya berdasarkan preferensi mereka.

Buatlah foto produk yang menarik untuk memamerkan merek Anda.

Strategi ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan yang sudah mapan, tapi juga bisnis yang lebih kecil.

5. Bangun Hubungan Lewat Pemasaran Merek Media Sosial

Mempertahankan audiens yang terlibat adalah kunci ketika Anda membangun kesadaran merek melalui media sosial. Dalam banyak kasus, memiliki jumlah followers yang rendah dengan keterlibatan lebih baik ketimbang memiliki jumlah followers tinggi tanpa keterlibatan.

Jawab pertanyaan dan balas komentar bila memungkinkan. Sebutkan nama orang menggunakan tag ‘@’ saat Anda memposting. Baca juga >>

Terakhir, bagikan konten orang lain, terutama jika itu sesuai untuk merek Anda. Balas penyebutan merek Anda, dan pastikan Anda menggunakan pendekatan yang manusiawi.

Jangan mencoba untuk melakukan penjualan langsung (hard selling) di halaman media sosial Anda. Sebaliknya, beri mereka informasi yang dapat mereka gunakan untuk mengenali produk atau jasa Anda.

Dengan cara ini, Anda membangun citra merek yang positif dan orang-orang akan cenderung lebih tertarik atau merekomendasikan produk dan layanan Anda.

#mediasosial #branding #followers

Baca Lainnya
Komentar
Loading...