Melepas Penat Akibat Pandemi, Staycation Salah Satu Solusi

Selama pandemi banyak orang menghabiskan waktu di rumah. Kerja, silaturahmi, belajar, olah raga, semua sering dilakukan di rumah. Terlalu lama di rumah muncul rasa bosan dan jenuh. Mungkin staycation bisa jadi salah satu solusi untuk melepas penat.

Istilah staycation yang awalnya terasa asing pada banyak orang, ketika pandemi menjadi populer. Apa sih staycation itu?

Mengutip How Stuff Works, “A staycation is a combination of vacationing and staying at home.” Staycation adalah kombinasi berlibur dan tetap berada di rumah. Staycation adalah tentang relaksasi dan kesenangan. Ini tentang “me” time or “us” time.

Mungkin terasa aneh, kok liburan tapi di rumah. Sebenarnya jika kamu bisa melakukannya dengan benar, staycation bisa menjadi alternatif liburan yang mengasyikkan.

Kamu yang berencana untuk staycation, yuk simak tips aman saat staycation.

Pertama, pastikan kamu memilih hotel yang sudah tersertifikasi CHSE, Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). CHSE adalah program Kemenparekraf berupa penerapan protokol kesehatan.

Sebelumnya kamu bisa tanya ke pihak hotel apakah ada pembatasan kapasitas tamu, apakah hotel pernah menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Kamu juga bisa bertanya apakah lokasi hotel termasuk area “merah”. Jika iya, sebaiknya cari hotel lain di area yang aman.

Kedua, untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 kamu bisa memilih kamar hotel yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Perhatikan apakah kamar itu memiliki ventilasi yang cukup dan ada jendela.

Ketiga, jika kamu ingin lebih merasa aman, boleh juga membawa alat makan dan mandi sendiri.

Memang tampak sedikit merepotkan, namun ini untuk keselamatan Anda.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...