Mau Coba Jadi Freelancer, Perhatikan 5 Hal Ini!

Berbisnis dan menghasilkan uang dari rumah, mendampingi dan membesarkan anak-anak, menjaga jarak sosial, tampaknya menjadi fenomena umum sepanjang tahun 2020.

Sebetulnya, banyak orang tua, profesional, fresh graduate yang tidak benar-benar siap menghadapi era baru dengan bekerja di rumah akibat pandemik. Tapi, seperti kita tahu, Covid-19 telah mengubah kebiasaan hidup kita semua selama ini.

Banyak orang tidak punya pilihan, selain melakukan pekerjaan dari laptop masing-masing di rumah mereka. Banyak perusahaan terpaksa mengurangi karyawan.

Ada pula orang memilih berhenti dari pekerjaan karena takut terpapar virus corona. Sementara yang lain, menyadari bahwa betapa singkatnya hidup mereka ingin meninggalkan pekerjaan mereka dan melakukan sesuatu yang mereka sukai.

Bagi orang-orang seperti ini, mungkin bekerja berdasarkan proyek untuk berbagai perusahaan, brand, atau startup menjadi lebih menarik ketimbang sebelumnya.

Di Amerika, tahun 2020 ini terjadi peningkatan besar-besaran profesi pekerja lepas atau freelancer akibat pandemi Covid 19. Jumlahnya hampir 57 juta orang.

Kenapa banyak orang di sana tertarik menjadi freelancer?

Selain karena pandemi, ternyata studi menjelaskan bahwa freelancer yang terampil dapat menghasilkan uang lebih banyak per jamnya ketimbang 70 persen pekerja di Amerika.

Puluhan juta orang saat ini menggunakan situs freelance terbesar saat ini, dari mulai Upwork, 99designs hingga Fiverr dan Guru.

Nah masalahnya, dengan jutaan orang di seluruh dunia yang mengakses situs ini, bagaimana seseorang memastikan bahwa profil dan layanan mereka adalah yang paling memikat?

Berikut ini adalah 5 cara untuk memikat calon klien, di tengah persaingan yang ketat di situs freelancing, dikutip dari entrepreneur.com:

1. Gunakan foto Anda di seluruh profil Anda

Jika orang berpikir bahwa bekerja sebagai freelancer online dapat dilakukan dengan akun anonim, itu adalah salah.

Justru sebaliknya, dengan menghapus citra diri Anda dari profil freelance, akan membuat calon pembeli atau klien lebih sulit mempercayai Anda.

Selain itu, konten dengan visual dan video mendapatkan 94% lebih banyak penayangan daripada konten yang hanya berbentuk teks.

Manusia adalah makhluk visual, jadi mereka perlu melihat bukti foto bahwa mereka tidak sedang ditipu.

  • Sertakan berbagai foto diri Anda sendiri untuk foto profil, layanan, dan biografi Anda. Semakin banyak gambar yang Anda gunakan, semakin Anda dapat dipercaya.
  • Posting hanya foto yang tajam dan resolusi tinggi yang membuat Anda bisa melakukan kontak mata dengan kamera.
  • Branding diri Anda dengan warna yang sama di semua gambar yang Anda tampilkan.
  • Update foto Anda setiap beberapa tahun sekali agar tetap sesuai identitas nyata Anda sekarang.
2. Tampilkan ulasan sebanyak mungkin

Bukti sosial itu penting. Itulah satu-satunya cara untuk dapat meyakinkan orang secara online, ketika kita belum pernah bertemu dengannya secara langsung.

Itulah kenapa 84 persen orang mempercayai ulasan online sama seperti mereka mempercayai ulasan dari teman atau anggota keluarga mereka.

Memprioritaskan ulasan bintang lima di profil Anda akan sangat membantu pembeli atau klien mempercayai Anda dengan segera.

  • Bekerja keras di awal untuk mendapatkan nilai rata-rata bintang lima.
  • Pertimbangkan untuk mengenakan harga di bawah harga pasar untuk mendapat ulasan pertama Anda
  • Dengan bangga menyajikan ulasan di profil Anda
  • Tawarkan ringkasan ulasan Anda kepada calon klien di kotak masuk perpesanan Anda.
3. Jangan berbohong tentang dokumen pengalaman kerja Anda

Terlalu sering, freelancer pemula menyimpangkan informasi tentang latar belakang dan pengalaman mereka karena merasa tidak ada atasan yang mengawasi mereka melakukannya.

Ini bisa menjadi bumerang bagi Anda, terutama karena klien sejatinya dapat melakukan pemeriksaan latar belakang pada Anda dalam beberapa menit saja.

Jika situs freelancing menganggap Anda berbohong, Anda akan masuk black-list.

Tingkatkan dokumen pengalaman kerja Anda. Jika Anda belum memiliki pengalaman banyak, coba tawarkan pekerjaan gratis untuk teman atau keluarga untuk meningkatkan portofolio Anda.

  • Luangkan beberapa bulan untuk melakukan pekerjaan secara gratis sehingga Anda dapat menambahkan proyek dan produk nyata ke profil Anda
  • Jangan pernah berbohong. Sebab saat Anda menjadi terkenal di situs freelancing, perusahaan akan melakukan pemeriksaan latar belakang Anda.
  • Klien lebih cenderung membeli dari Anda jika mereka mempercayai Anda. Jika mereka melihat Anda berbohong, mereka tidak akan pernah mempercayai Anda lagi.
4. Jangan menunggu tinjauan pertama

Salah satu periode paling menantang dalam pekerjaan freelancing adalah minggu-minggu awal ketika Anda harus duduk dan menunggu klien untuk menjadi orang pertama yang berinvestasi pada layanan yang Anda tawarkan.

Nah, masalahnya jika Anda tidak memiliki ulasan, mereka tidak akan tahu apakah mereka dapat mempercayai Anda.

Maka berpikirlah di luar kebiasaan, dan buka jaringan langsung Anda untuk mendapat ulasan pertama. Misalnya, tanyakan kepada anggota keluarga, mantan rekan kerja, teman, dan follower Anda di media sosial apakah mereka membutuhkan layanan Anda untuk bisnis mereka.

  • Pikirkan hal di luar kebiasaan dan tawarkan diskon di awal untuk orang yang Anda kenal
  • Posting tentang layanan Anda di media sosial
  • Tulis artikel tentang layanan Anda dan posting ke situs web atau profil media sosial Anda
5. Tawarkan lebih dari satu layanan

Dalam studi pemasaran, konsumen lebih menyukai banyak pilihan ketika mereka berbelanja.

Ketika kita masuk ke dalam toko pakaian misalnya, dan melihat hanya ada 4 kemeja tergantung di rak pakaian, bagaimana rasanya?

Hal yang sama juga berlaku untuk profil freelancing Anda. Jika Anda menawarkan hanya satu layanan saja, calon klien akan menganggap Anda sebagai orang baru, dan hanya memiliki satu keahlian.

Saat memulai, sebaiknya tawarkan setidaknya tiga layanan yang saling terkait di profil Anda. Dengan begitu, pembeli bisa merasa benar-benar sedang berbelanja.

  • Jika Anda tidak tahu layanan lain apa yang ditawarkan, lihat pesaing Anda. Cari orang-orang dengan keahlian yang sama dengan Anda dan lihat layanan lain apa yang mereka tawarkan.
  • Jangan takut untuk belajar keterampilan baru. Ikuti banyak kelas dan praktik online.
  • Setelah itu, tingkatkan layanan Anda dari tiga menjadi lima, bahkan menjadi 10!

Setelah pandemi, dunia saat ini memasuki era baru yang terdesentralisasi dan berjarak secara sosial. Hal ini membuat bekerja sebagai freelancer menjadi pilihan banyak orang di berbagai belahan dunia. Lima tips di atas mungkin bisa membantu Anda mengarungi dunia baru ke depan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...