Masih WFH? Lakukan 5 Langkah Ini Agar Produktivitas Tetap Terjaga

Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat kita kembali harus bekerja dari rumah. Bisa jadi rasa bosan kembali menyeruak. Hati-hati, kondisi ini bisa menurunkan semangat kerja Anda. Walhasil, produktivitas kerja pun menurun.

Redaksi ingin membagikan tips yang dirangkum dari berbagai sumber agar kamu tetap semangat meskipun Working From Home (WFH). Berikut 5 tips nya. Baca juga >>

Atur Waktu

Kerja dari rumah kelihatannya tidak membuat kamu tergesa-gesa harus menuju kantor. Tapi dalam prakteknya sering kali kita abai dengan pengaturan waktu. Rapat yang dilakukan secara daring pun seringkali datang terlambat.

Beribu alasan mulai dari belum selesai makan siang, mau shalat dulu, masih ada rapat lain dan sebagainya. Terkadang kita juga merasa dengan online bisa melakukan aktivitas lain secara bersamaan, sehingga lupa dengan aktivitas utama.

Agar tidak terjadi hal-hal di atas, buat agenda kegiatan di buku kecil Anda. Bikin skala prioritas dan aktifkan alarm agar ketepatan waktu tetap terjaga. Jangan sampai selepas jam kerja Anda masih melakukan hal lain yang seharusnya bisa diselesaikan sebelumnya. Baca juga >>

Kenakan Pakaian Kerja

Selama ini kita sering terlena dengan kenyamanan WFH, seperti tidak perlu mengenakan pakaian kerja. “Kan di rumah bukan di kantor”.

Sesuaikan pakaian Anda saat ada rapat virtual. Dengan mengenakan pakaian kerja Anda akan merasa tidak nyaman jika hanya duduk santai, terlebih lagi bersantai di tempat tidur.

Coba Pindah Tempat

Jika selama ini Anda bekerja dari ruang tamu, kenapa tidak mencoba di kamar, teras, bahkan pekarangan? Baca juga >>

Beda tempat menghadirkan suasana baru. Carilah tempat yang membuat Anda merasa lebih nyaman, dan semangat. Bisa juga Anda mengubah tata letak meja jika ruangan terbatas.

Me Time

Ya, pandemi bukan hanya bikin Anda WFH. Putra-putri Anda pun Learn From Home (LFH). Atur dan berbagi ruangan dengan anggota keluarga lainnya. Jangan sampai satu sama lain saling terganggu.

Sangat memungkinkan terjadi benturan. Bisa jadi Anda membutuhkan suasana yang tenang saat akan presentasi. Begitu juga dengan putra-putri Anda saat akan mengikuti ujian secara daring.

Setelah 5 hari kerja atau belajar secara daring. Maksimalkan Me Time. Anda bisa bikin event kecil bersama keluarga di rumah untuk menghangatkan suasana yang mungkin terlewati.

Olahraga dan Olahjiwa

Duduk berdiam di rumah dalam waktu lama membutuhkan kekuatan dan kesabaran. Berikan waktu untuk tubuh bergerak agar otot-otot yang kaku menjadi lemas kembali. Anda bisa memaksimalkan ruangan untuk melakukan aktivitas fisik. Baca juga >>

Tidak kalah penting adalah olahjiwa. Biasakan shalat dan dzikir berjamaah bersama anggota keluarga. Dengan demikian, kita akan menjadi pribadi yang kuat imun dan imannya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...