Masih Sering Kelewat? Ini 7 Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Selain buka puasa alias Ifthar, satu lagi yang menjadi ciri khas di bulan Ramadhan adalah makan sahur.

Saking pentingnya sahur, banyak tempat di negara berpenduduk muslim memiliki tradisi khas untuk membangunkan sahur. Di Indonesia saja tiap daerah punya tradisi berbeda-beda untuk membangunkan umat muslim makan sahur.

Seberapa penting makan sahur untuk orang-orang yang berpuasa?

Rasulullah Saw bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makan sahur terdapat berkah.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Sahur merupakan amalan sunnah dalam menjalankan ibadah puasa, bahkan sangat diutamakan. Namun, karena waktunya bertepatan dengan orang tidur, kadangkala sebagian orang sering melewatkannya. Apalagi ketika sudah memasuki pertengahan bulan puasa.

Andakah yang termasuk sering kelewat makan sahur? Mungkin Anda perlu mengetahui manfaat sahur untuk kesehatan berikut ini:

Pertama, Menambah Energi

Tidak makan dan minum selama seharian saat berpuasa membuat Anda membutuhkan energi yang cukup. Sahur memberi pasokan energi bagi tubuh sebelum puasa dimulai.

Jadi apa yang terjadi kalau tidak sahur? Tentu saja pasokan energi kurang sehingga tubuh menjadi lemas untuk melakukan aktivitas normal.

Oleh karena itu, disarankan untuk makan sahur dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Jangan lupa, minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

Kedua, Menghindari Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan adalah masalah umum saat orang menjalankan puasa. Ini disebabkan kurangnya asupan serat dan air selama berpuasa.

Nah, makan sahur dapat mempersiapkan pasokan serat serta cairan tubuh sehingga mencegah masalah pencernaan dan lambung.

Mengkonsumsi air hangat saat sahur tentu akan lebih baik bagi kesehatan, karena bisa membersihkan usus dari racun-racun sisa makanan.

Ketiga, Meningkatkan Imunitas

Tubuh yang lemah karena kurangnya asupan mungkin saja membuat mudah terserang penyakit, ini terjadi karena penurunan sistem imun.

Tentu bukan salah puasanya, sebab ini tidak bakal terjadi jika sunah makan sahur dilakukan. Dengan santap sahur sistem imun tetap terjaga dengan baik untuk menghalau virus atau bakteri jahat yang hendak menginfeksi tubuh.

Keempat, Menghindarkan Penyakit Sindrom Metabolik

Saat Anda tidur, tubuh memproduksi sejumlah hormon, seperti hormon pertumbuhan (HGH), hormon testosterone, melatonin, dan follicle stimulating hormone (FSH). Hormon-hormon tersebut punya peran penting bagi tubuh. HSH misalnya, untuk mendorong pertumbuhan tubuh.

Namun sayangnya, hormon-hormon itu akan terus mengalami penurunan produksi seiring malam yang kian larut.

Puncak penurunan produksi hormon ‘baik’ ini terjadi pada sepertiga malam terakhir, yakni pukul 01.00 dinihari hingga menjelang subuh. Sebaliknya, pada waktu tersebut produksi hormon kortisol alias hormon stres justru sedang meningkat.

Nah, satu-satunya cara untuk menghentikan produksi hormon kortisol serta menjaga agar hormon ‘baik’ yang telah diproduksi tetap berfungsi optimal adalah dengan bangun dari tidur.

Jadi, ketika Anda bangun tidur untuk makan sahur, otomatis produksi kortisol terhenti. Untuk diketahui, kortisol ini hormon yang menjadi pemicu timbulnya penyakit sindrom metabolik, yaitu kondisi ketika tubuh mengalami berbagai gangguan kesehatan dalam satu waktu, seperti kencing manis, hipertensi, diabetes, hingga kolesterol.

Kelima, Meredakan Sakit Kepala dan Kram Perut

Jika Anda saat puasa mengalami sakit kepala atau kram perut, mungkin Anda terlewat makan sahur. Sahur bisa mencegah dua hal itu terjadi. Caranya, dengan minum 2-3 gelas air hangat saat sahur.

Keenam, Membantu Diet

Salah satu manfaat puasa yang benar adalah diet. Tapi bukan berarti dengan meninggalkan makan sahur. Sebab konsisten makan sahur justru akan semakin maksimal hasil diet Anda.

Terutama dengan mengonsumsi makanan kaya protein yang akan membantu membakar lemak. Catatannya, harus diimbangi dengan olahraga ringan di pagi hari dan tidak kalap saat berbuka puasa.

Ketujuh, Melancarkan Peredaran Darah

Minum air putih hangat saat sahur menjadi begitu penting karena bisa menetralisir sekaligus membuang tumpukan lemak dalam tubuh. Racun-racun akan ikut terbuang, yang akan berdampak pada lancarnya peredaran darah.

Nah, ketika Anda sudah mengetahui 7 manfaat makan sahur bagi kesehatan Anda, pasti tidak akan melewatkannya, dong! (diolah dari: doktersehat.com).

Baca Lainnya
Komentar
Loading...