Maknyus! Kuliner Indonesia Terpopuler ke-8 di Instagram

Belum lama ini Chef’s Pencil merilis negara-negara terpopuler di Instagram berdasarkan tagar. Dari 3,8 juta tagar terkait kuliner di Instagram pada Februari 2021, ternyata Indonesia masuk 10 besar dunia, tepatnya urutan ke-8. Maknyus!

Posisi terpopuler dalam daftar tersebut diduduki oleh Jepang dengan lebih dari 15 juta tagar #Japanesefood. Perolehan itu diikuti dengan makanan Italia di peringkat kedua dengan tagar #Italianfood berjumlah sekitar 14,7 juta.

Di posisi ketiga, ada India dengan jumlah tagar #Indianfood sebanyak 8,5 juta.

Popularitas Jepang sendiri sebagai juara pertama cukup mengejutkan. Sebab, bisa mengalahkan unggulan China, Italia, dan India. Apalagi, pembuatan sushi di rumah dianggap tidak sepopuler pembuatan pasta atau kari.

Namun hasil analisa menunjukkan bahwa popularitas makanan Jepang tak lepas dengan visualnya yang menarik dan sejalan dengan fungsi platform Instagram yang menonjolkan nilai visual.

Sejak berabad-abad, Jepang meyakini bahwa penyajian dan tampilan sama pentingnya dengan rasa makanan.

“Tidak dapat disangkal daya tarik visual dari sushi, ekspor makanan utama Jepang. Bukan hanya semangat warnanya, tapi juga kebesaran ikannya, kerumitan gulungannya,” kata Kaz Matsune, pendiri Breakthrough Sushi.

Menurut Kaz, ada ritme dalam sepiring sushi, simetri dalam pola berulang yang memiliki daya tarik purba. Singkatnya, mereka adalah karya seni yang dicatat otak kita dalam sekejap.

Selain dari Italia dan Meksiko (posisi ke-6), daftar 10 besar kuliner terpopuler di Instagram didominasi untuk negara Asia.

Makanan Thailand misalnya. Di Australia, Selandia Baru, Kanada, AS dan Afrika Selatan, makanan dari negara gajah putih ini menjadi paling populer dari Asia.

Bahkan, sebuah survei yang dilakukan di antara 250 koki oleh Chef’s Pencil tahun lalu memberi peringkat tiga negara Asia Tenggara (Filipina, Thailand, dan Vietnam) di antara lima tujuan kuliner paling ‘underrated’ di dunia.

Masakan dari ketiga negara ini dan negara-negara Asia lainnya telah mendapatkan reputasi sebagai makanan yang lebih sehat daripada makanan Barat.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...