Luar Biasa, Dalam Setahun Marketplace Facebook Tembus 1 Miliar Pengguna

Saat ini Anda mungkin sudah akrab dengan fitur marketplace di Facebook. Meski setahun yang lalu fitur ini tergolong baru di tengah perkembangan marketplace lain.

Namun, Facebook telah membuktikan kesuksesannya masuk ke dalam fitur marketplace.

Dalam konferensi pers tentang pendapatan terbaru Facebook, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan, sekarang layanan Facebook Marketplace telah tembus satu miliar pengguna.

Zuck mengungkapkan, saat ini ada lebih dari satu juta toko dengan lebih dari 250 juta pengguna yang berinteraksi dengan toko tersebut setiap bulannya.

Facebook mulai meluncurkan fitur Marketplace yang memungkinkan pelaku bisnis membuat katalog produk di halaman mereka sekitar setahun lalu.

Pemilik Facebook itu mencatat, marketplace menjadi sangat dibutuhkan oleh pengguna Facebook selama pandemi Covid-19. Hal ini membuat Facebook juga menemukan cara baru dalam menghasilkan uang dari layanannya.

Facebook juga akan mengizinkan pemilik bisnis membeli iklan Facebook yang dapat dibuka langsung di WhatsApp dari aplikasi WhatsApp Business. Instagram sedang berencana untuk mengizinkan para influencer menjalankan toko mereka sendiri di aplikasi.

“Kami berinvestasi membangun masa depan perdagangan. Jalan kami masih panjang untuk membangun platform perdagangan berfitur lengkap di seluruh layanan kami.” kata Zuckerberg.

“Sistem perdagangan modern ini akan menyatukan sejumlah area di mana kami sudah memiliki penawaran yang kuat seperti di iklan, alat komunitas, dan perpesanan dengan area seperti toko dan perpesanan bisnis serta pembayaran,” sambung Zuck.

Facebook melaporkan pendapatan lebih dari USD 26 miliar atau setara Rp 375,6 triliun, meningkat 48 persen dari tahun lalu.

Facebook juga mencatat pertumbuhan basis penggunanya menjadi 1,88 miliar pengguna aktif harian. Namun begitu pertumbuhan di Amerika di mana pasar iklannya paling menguntungkan, tetap datar.

Nah, dengan fakta ini, tentu saja Facebook masih menjadi tempat yang prospektif dalam mengembangkan bisnis Anda, khususnya UMKM. Bagaimana, Anda sudah melakukannya? Atau baru mau memulai. []

Baca Lainnya
Komentar
Loading...