Lima Hikmah Berpuasa

Ramadlan telah tiba. Umat Islam di seluruh dunia mulai menjalankan kewajiban di bulan Ramadlan, yaitu puasa. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang menyebabkan batalnya puasa dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Puasa adalah ibadah yang sangat rahasia. Siapapun tidak akan ada yang mengetahui siapa yang sejatinya sedang berpuasa. Walaupun ada orang yang mengaku sedang berpuasa, tapi apakah kita benar-benar tahu kalau orang tersebut sedang berpuasa. Siapa yang bisa mengawasi orang lain dari terbit fajar sampai terbenamnya matarhari. Oleh karena itu, yang bisa mengawasi hanyalah Allah yang Maha Mengetahui. Setiap apa yang diperintahkan oleh Allah kepada manusia niscaya pasti terdapat hikmah besar dibaliknya, tak terkecuali puasa. Kemudian apa hikmah berpuasa?

Pertama, Meningkatkan Ketakwaan

Orang yang berpuasa jelas akan meningkatkan ketakwaan, karena pada dasarnya menjalankan puasa adalah bentuk dari takwa. Secara istilah takwa adalah menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Ketika seseorang sedang menjalankan ibadah puasa, maka orang tersebut juga sedang meningkatkan ketakwaanya kepada Allah. Orang yang berpuasa niscaya akan mendorong dirinya untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan dengan berpuasa hawa nafsu seseorang akan terkontrol dari perbuatan-perbuatan yang dilarang maupun dari kemaksiatan.

Kedua, Membersihkan Jiwa

Orang yang sedang berpuasa biasanya akan menggerakkan seluruh tubuhnya untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Seperti berdzikir, beribadah, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Sedangkan kebaikan-kebaikan seperti berdzikir, membaca Al-Qur’an manfaatnya bisa membersihkan dan menjernihkan jiwa atau hati dari kekosongan batin, dari sifat-sifat yang menyebabkan kotornya jiwa, seperti kesombongan, ketamakan, egoisme dan sebagainya.

Selain itu, puasa juga akan mengontrol seseorang berbuat dari kemaksiatan. Ketika seseorang menghindari kemaksiatan, maka jiwa orang tersebut akan semakin jernih dan bersih.

Ketiga, Ikut Merasakan Penderitaan Orang Yang Tidak Mampu

Orang yang berpuasa pasti merasakan kelaparan dan dahaga. Keadaan ini memberikan pelajaran baginya bahwa apa yang dirasakan oleh orang yang tidak mampu, orang miskin, orang yang tidak bisa makan hampir sama apa dirasakan seseorang ketika sedang berpuasa yang menahan lapar dan dahaga.

Ketika seseorang sadar akan penderitaan yang dirasakan oleh saudara-saudaranya yang kurang beruntung, maka seharusnya bisa meningkatkan rasa kepekaan dan kepedulian untuk membantu sesama yang membutuhkan. Dan juga meningkatkan empati serta simpati kepada mereka yang kurang beruntung.

Keempat, Dilipatgandakan Pahala

Apapun kebaikan yang dilakukan saat berpuasa, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya. Sering kita mendengar kebaikan-kebaikan orang berpuasa semuanya akan dinilai ibadah, bahkan tidurnya orang berpuasapun dinilai sebagai ibadah. Apalagi saat berpuasa banyak melakukan kebaikan-kebaikan seperti membaca Al-Qur’an, belajar, mengaji dan lain sebagainya, pasti semuanya akan dinilai ibadah dan dilipatgandakan pahalanya.

Selain itu, pahala bagi orang berpuasa, yang menjalaninya dengan penuh keimanan, meyakini dalam hatinya akan fardlunya puasa dan berharap pahala dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan Allah juga akan menjamin surga bagi orang-orang yang menjalankan dengan penuh keimanan dan penuh keikhlasan.

Kelima, Menyehatkan Tubuh

Ketika seseorang sedang berpuasa maka aktivitas sistem pencernaan dalam tubuh akan beristirahat, sebab orang berpuasa sendiri tidak makan dan tidak minum dari fajar sampai terbenamnya matahari. Hal ini menyebabkan sistem pencernaan dalam tubuh akan ikut beristirahat, karena tidak adanya makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, puasa juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk mengeluarkan semua kotoran dan zat-zat berbahaya yang terdapat di dalamnya. Hal tersebut memberikan penjelasan bahwa orang yang berpuasa dapat membuat kesehatan seseorang jadi meningkat dan lebih baik.

Selain kelima manfaat di atas, sebenarnya banyak sekali hikmah dan manfaat yang diperoleh dari ibadah puasa. Sebab apapun yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya pasti memiliki hikmah besar dan manfaat yang indah. Semoga kita semua senatiasa diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa ini. Aamiin.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...