Konten-konten Juara di YouTube

YouTube kini menjadi nama besar di jagat internet. Media sosial tersebut tidak hanya menambang pundi-pundi pendapatan yang besar untuk induk usahanya, Google, tapi juga bagi sebagian besar penggunanya atau yang biasa disebut sebagai Youtuber. Diperkirakan, penghasilan YouTube antara 16 hingga 25 miliar USD setiap tahunnya.

Lalu bagaimana dengan penghasilan penggunanya? Penghasilan Youtuber dari konten-konten video yang dibuatnya juga tidak bisa dianggap main-main. Para pekerja kreatif yang kebanyakan milenial ini bisa panen uang hingga jutaan dolar (miliaran rupiah).

Saat ini, YouTube telah berkembang menjadi sebuah industri. Para penggunanya, selain menjadikan kanal YouTube sebagai sumber beragam informasi, juga sebagai lahan mencari uang. Bahkan kini, banyak kalangan yang menjadikan Youtuber sebagai profesi.

Konten menjadi kata kunci bagi Youtuber yang ingin eksis di kanal Youtube. Selain kuantitas, kualitas dan kreativitas konten juga amat sangat menentukan. Lantas, konten-konten seperti apa di dunia yang saat ini menjadi juara di kanal YouTube? Berikut daftarnya:

Anak-anak

Menurut Forbes, tahun 2019 pendapatan Youtuber tertinggi didominasi oleh kanal untuk anak-anak. Sebut saja misalnya kanal Ryan Kaji yang mampu meraup hingga 26 juta USD atau setara Rp 363,9 miliar di tahun 2019 lalu. Ryan adalah anak berusia 8 tahun, kanal YouTube-nya bernama Ryan’s World.

Ryan berhasil memuncaki daftar Youtuber berpenghasilan terbanyak di tahun 2019 untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Total pendapatan Ryan juga meningkat dari 22 juta USD pada tahun sebelumnya (2018).

Kanal YouTube Ryan’s World sendiri sudah memiliki 23,5 juta subscriber. Videonya yang paling populer dan ditonton lebih dari 1,9 miliar kali memperlihatkan Ryan berlari-lari mengelilingi kebunnya sambil mengumpulkan telur plastik dengan mainan di dalamnya.

Selain Ryan Kaji, ada juga Anastasia Radzinskaya, kanal ini meraup pendapatan hingga 20 juta USD di tahun 2019. Anastasia Radzinskaya juga dikenal sebagai Nastya, Like Nastya, dan Stacy, dia YouTuber Rusia-Amerika. Dia dan orang tuanya menjalankan enam kanal YouTube yang ramah untuk keluarga dan anak-anak, yaitu: Like Nastya, Like Nastya Vlog, Stacy Toys, Stacy Show, Funny Stacy, dan Funny Stacy PRT.

Gaming

Kanal Preston mencapai pendapatan 14 juta USD di tahun 2019. Pemiliknya adalah remaja 25 tahun bernama Preston Blaine Arsement. Di dunia online ia lebih dikenal sebagai PrestonPlayz, YouTuber asal Amerika yang kebanyakan memproduksi konten game Minecraft, meskipun juga bercabang ke video game Roblox dan Fortnite Battle Royale di PrestonRoblox-nya.

Ada pula Kanal PewDiePie milik pria Swedia, Felix Arvid Ulf Kjellberg berisi konten video game, awalnya bergenre horor dan aksi namun sekarang lebih sering ke konten komedi seperti meme review, LWIAY, dan PEW News. Kanal PewDiePie meraup pendapatan 13 juta USD pada 2019, namun dia masih merupakan salah satu YouTuber terkaya di dunia dengan subscriber paling banyak di dunia.

Ada juga Daniel Robert Middleton yang dikenal secara online sebagai DanTDM. Dia Youtuber Inggris dan gamer profesional, juga seorang penulis. Kanal YouTube-nya banyak menampilkan video game, terutama permainan populer seperti Minecraft. Daniel Middleton dengan meraup penghasilan 12 juta USD pada tahun 2019. Ada juga Evan Fong dengan video-video game-nya, ia berpenghasilan 11,5 juta USD di tahun 2019.

Sportainment

Sportaintment atau sport-entertainment yaitu konten tentang olahraga yang dikemas secara menghibur. Seperti yang dilakukan oleh kanal YouTube Dude Perfect yang di tahun 2019 meraih peringkat kedua pendapatan terbanyak dengan 20 juta USD.

Dude Perfect merupakan sebuah Sport Entertainment Group yang berasal dari Texas. Dude Perfect memiliki 48,7 juta subsribers dengan konten-konten bertema olahraga dan komedi.

Komedi

Konten-konten yang bersifat komedi juga menjadi juara di kanal YouTube, seperti kanal Rhett and Link dengan penghasilan 17,5 juta USD di tahun 2019. Rhett and Link merupakan kanal Youtube komedi Internet yang terdiri dari Rhett James McLaughlin dan Charles Lincoln “Link” Neal III. Mereka berasal dari Karolina Utara dan menamakan diri mereka sebagai “Internetainers”.

Kanal lain yang memuat konten komedi adalah Markiplier dengan penghasilan 13 juta USD di tahun 2019.

Menjadi konten juara di YouTube memang belum tentu memiliki nilai edukasi bagi penontonnya, malah bisa jadi hanya hiburan belaka, karena konten-konten tersebut diukur hanya berdasarkan popularitas dan tingginya pendapatan yang dihasilkan. Daftar konten juara ini sebetulnya untuk menunjukkan, masih diperlukan konten-konten yang lebih bernilai, bermanfaat dan berguna bagi kehidupan, bukan hiburan semata. Misalnya konten-konten dakwah yang masih belum bisa bersaing dengan konten lain.

YouTube pada akhirnya hanyalah sebuah alat sebagaimana media sosial lain. Isinya bisa menjadi manfaat bisa juga mudarat, kembali lagi kepada kita sebagai manusia yang menggunakannya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...