Ketika Toko Online Raksasa Bangun UMKM Center di 5.312 Desa

Bagaimana ketika toko online raksasa di Indonesia membangun UMKM Center di 5.312 desa?

Shopee, salah satu platform digital yang tergolong raksasa di Indonesia bekerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat membangun transformasi digital terbesar di Indonesia. Mereka membangun infrastruktur pusat digital di 5.312 desa di seluruh Jawa Barat untuk memasarkan produk-produk UMKM.

Komitmen kerja sama tersebut sudah ditandatangani antara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa provinsi Jabar dengan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia. Disaksikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung pada Rabu, 2 Juni 2021 lalu.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan, secara bertahap semua desa di Jabar nantinya akan dilengkapi UMKM Center. Fasilitasnya akan disediakan oleh Shopee. Tidak hanya itu, para pelaku UMKM desa juga akan dibekali edukasi dan dibantu pemasarannya oleh Shopee.

“Kami harap dengan infrastruktur digital di desa ini pemasaran produk warga desa bisa meluas dan perekonomian meningkat,” ujar Kang Emil.

Upaya tersebut dilakukan pemerintah Jabar untuk mengantisipasi penurunan ekonomi masyarakat setelah diterjang gelombang pandemi Covid-19. Pihaknya sudah memprediksi bahwa pasca pandemi ekonomi akan bergeser ke arah digital.

Selain itu, upaya tersebut dilakukan untuk menekan arus urbanisasi karena pusat perekonomian bergeser dari kota ke desa.

“Prinsipnya, suatu hari nanti tinggal di desa rezeki kota, bisnis mendunia,” kata Emil.

Selain membangun pusat digital UMKM desa, Shopee juga rencananya bakal mendirikan sekolah ekspor UMKM di Jabar. Sekolah bagi para pelaku UMKM ini rencananya bakal diselenggarakan di Bandung. Sebelumnya, sekolah ekspor UMKM sudah ada di Solo.

Dengan adanya sekolah nonformal itu para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya hingga mancanegara.

Kolaborasi antara pemerintah Jabar dan Shopee juga berlanjut dengan rencana dihadirkannya kurikulum ekonomi digital di seluruh SMK di Jabar. Sehingga ke depan lulusan SMK di Jabar akan bisa langsung bekerja di Shopee atau berwirausaha dengan bekal yang sudah dimiliki.

Kolaborasi antara pemerintah daerah dan platform digital nasional ini merupakan contoh pemberdayaan UMKM di daerah untuk mengakselerasi dan beradaptasi dengan ekosistem digital. Bagaimanapun gelombang digitalisasi yang terjadi saat ini tidak mungkin dihindari.

Tidak hanya pendidikan atau pelatihan, masyarakat khususnya UMKM juga membutuhkan infrastruktur nyata untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang digital. Jawa Barat sudah melakukannya, bagaimana dengan daerah-daerah lain?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...