Ketika Rasulullah Berbisik pada Bumi saat Gempa Terjadi

Tuhan ingin agar kalian melakukan sesuatu yang membuat-Nya ridha

Ia kembali menyeru kepada para penduduknya agar memohon ampunan kepada Allah. Ia juga tak lupa mengirimkan surat edaran kepada seluruh wali negeri.

Dalam suratnya ia menuliskan, “Amma ba’du, sesungguhnya gempa ini merupakan teguran dari Allah kepada seluruh hamba-Nya. Saya telah memerintahkan kepada seluruh negeri untuk keluar pada hari tertentu, maka barang siapa yang memiliki harta hendaklah bersedekah dengannya.”

Sejak awal, kaum muslimin sudah memiliki kewaspadaan terhadap bencana alam seperti gempa bumi. Sejumlah wilayah Islam juga pernah mengalami bencana gempa besar yang memporak-porandakan peradaban.

Bencana alam pernah membuat struktur sosial dan politik umat Islam menjadi lemah. Seperti yang terjadi di Suriah dulu yang dilanda banyak gempa sepanjang akhir abad ke-11, yakni pada tahun 1050, 1063, 1068, 1069, 1086 dan 1091.

Banyak korban tewas, bangunan dan rumah-rumah hancur rata dengan tanah. Perekonomian dan sistem keamanan menjadi kacau balau, dan terjadi dalam rentang waktu yang cukup lama. Konon, akibat bencana gempa bumi itu pula, akhirnya pada awal abad ke-12, Pasukan Salib dapat dengan mudah menaklukkan Suriah.

Semoga, bencana apapun, wabah/pandemi, gempa bumi, tsunami, banjir, longsor dan lainnya senantiasa menjadi pengingat bagi kita hamba yang beriman untuk kembali mendekat kepada-Nya. Bukan malah sebaliknya, berputus asa dan menjauh dari-Nya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...