Ketika Petai dan Jengkol Diekspor ke Jepang

Petai dan jengkol mungkin sudah akrab di lidah orang Indonesia tapi bagaimana dengan lidah orang Jepang? Namun faktanya, Indonesia baru saja mengekspor jengkol dan petai untuk pertama kalinya. Dan, yang menarik, tujuan ekspor adalah negeri sakura itu.

Apakah orang Jepang doyan jengkol dan petai? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Tapi sebagaimana di negara-negara lain, orang Indonesia juga banyak yang tinggal di Jepang. Yang pasti, mereka tentu akan senang jika ada petai dan jengkol di Jepang. Hitung-hitung obat kangen kampung halaman.

Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Belawan, Sumatera Utara, mengekspor 4 ton jengkol dan petai ke Jepang pada Sabtu, 28 Agustus lalu. Ini merupakan ekspor perdana jengkol dan petai dari Sumut ke negeri sakura. Ekspor jengkol dan petai bernilai Rp 339 juta. Baca juga >>

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto mengatakan bahwa ekspor jengkol dan petai dilakukan karena banjirnya permintaan dari negeri Jepang tersebut.

“Ini untuk pertama kalinya melepas ekspor 4 ton jengkol dan petai asal Provinsi Sumut menuju Jepang,” ujarnya.

Proses ekspor tersebut sudah melalui prosedur kekarantinaan dan dipastikan memenuhi persyaratan teknis negara tujuan.

Menurut Yusmanto, Jengkol dan petai tidak hanya digemari oleh pasar dalam negeri, tapi juga oleh pasar Jepang.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Bambang mengapresiasi ekspor jengkol dan petai. Dia mengharapkan petani dan pelaku usaha di Sumut bisa meningkatkan produktivitas dan bersinergi untuk dapat menembus pasar ekspor. Baca juga >>

Bambang selaku otoritas karantina menjelaskan bahwa seluruh produk pertanian yang akan diekspor telah memenuhi persyaratan internasional tentang sanitasi dan fitosanitari sehingga memiliki daya saing di pasar global.

Ekspor petai dan jengkol adalah bukti bahwa jika dilakukan sinergi yang baik antara petani, pebisnis, dan pemerintah, komoditas apapun bisa memiliki nilai jual tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

#petai #jengkol #jepang

Baca Lainnya
Komentar
Loading...