Ketika Facebook, Instagram, WhatsApp Mati Berjam-jam, Apa yang Terjadi?

Ketika Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami pemadaman sekitar enam jam pada hari Senin (4/10) bisnis juga ikut merugi.

Saudara kandung Facebook yaitu Instagram dan WhatsApp berperan penting dalam banyak bisnis.

Banyak perusahaan mengandalkan media sosial tersebut ketimbang website milik sendiri.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?

1. Pihak Facebook menjelaskan pemadaman tersebut bukan peretasan tapi murni kesalah di internal Facebook sendiri.

Terjadi kesalahan saat pembaruan ke router Facebook yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan.

Masalahnya menjadi lebih buruk sebab pemadaman juga berdampak pada sistem dan alat internal Facebook sendiri yang diandalkan untuk operasi sehari-hari.

Selain itu, karyawan Facebook juga dilaporkan menghadapi kesulitan menjangkau secara fisik ruang di mana router ditempatkan. Baca juga >>

Dikutip dari NPR, pakar keamanan siber Barrett Lyon menyebut mereka (Facebook) harus meninjau ulang apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka merancang sesuatu.

2. Gangguan tersebut merupakan kejadian terburuk sejak insiden 2019 yang membuat Facebook offline selama hampir 24 jam. Pada Senin Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengalami pemadaman di seluruh dunia.

3. Menurut Facebook, perubahan konfigurasi pada router adalah tulang punggung yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data mereka.

Itu telah menghalangi kemampuan mereka berkomunikasi dan akhirnya memicu serangkaian kegagalan jaringan.

Penjelasan tersebut menunjukkan, ada masalah antara Facebook dan Border Gateway Protocol (BGP), alat vital dalam dunia internet.

BGP sering dibandingkan dengan sistem GPS. Mirip dengan ide-ide seperti koordinat pada peta atau kode ZIP. Sistem akan memberi tahu ke seluruh dunia ke mana harus merutekan lalu lintas dan informasi.

Ketika sebuah perusahaan tidak dapat menggunakan protokol gateway, maka seolah-olah domain online mereka tidak ada.

Namun hal itu tidak menghentikan halaman web, pencarian, dan pesan untuk mencari properti Facebook. Itu kemudian menyebabkan masalah lain.

Pakar teknologi Brian Krebs mengatakan, gangguan dan kelambatan jaringan bisa jadi disebabkan adanya miliaran perangkat yang terus-menerus meminta koordinat Facebook.com, Instagram.com dan WhatsApp.com. Baca juga >>

4. Meski pemadaman terjadi saat Facebook menghadapi pengawasan ketat atas produk dan kebijakannya, termasuk soal mantan karyawan yang melaporkan perusahaan ke subkomite Senat pada hari Selasa, tapi pihak Facebook menekankan semua itu tidak ada hubungannya.

#facebook # instagram #whatsapp

Baca Lainnya
Komentar
Loading...