Keren, Ilmuwan Cilik Ini Dinobatkan ‘Kid of the Year’ Versi Majalah TIME

Namanya Gitanjali Rao, gadis cilik berdarah India, tinggal di Colorado Amerika Serikat. Di usianya yang baru 15 tahun dia dinobatkan sebagai ‘Kid of The Year’ oleh Majalah Time. Penobatan untuk pertama kalinya di TIME, dan Rao adalah yang pertama.

Rao terpilih dari lebih 5.000 nominasi pada ajang ini. Dia adalah ilmuwan cilik yang baru-baru ini mengembangkan aplikasi bernama Kindly, sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi kemungkinan cyber bullying sejak dini.

Sebelumnya, pada tahun 2017, dia juga menemukan sebuah perangkat untuk mendeteksi kadar timbal di dalam air minum.

Memecahkan Masalah Sehari-hari

Terpilihnya Rao, karena dia punya cara untuk menindaklanjuti pekerjaan teknisnya dengan berupaya mengajak anak-anak muda untuk bekerja dalam memecahkan masalah yang mereka lihat sehari-hari.

Saat diwawancara secara virtual oleh aktor dan aktivis Angelina Jolie, Rao menceritakan tentang pekerjaannya yang menakjubkan. Dengan menggunakan teknologi, dia mencoba mengatasi berbagai masalah. Mulai dari masalah air minum yang terkontaminasi hingga cyberbullying.

Misi besar Rao adalah menciptakan komunitas global inovator muda untuk memecahkan masalah di seluruh dunia.

Jangan Mencoba Perbaiki Semua Masalah

Dalam obrolan video tersebut, Rao berpesan kepada anak-anak muda lainnya, “Jangan mencoba untuk memperbaiki semua masalah, cukup fokus pada satu masalah yang membuat Anda bersemangat,” jelasnya.

“Jika saya bisa melakukannya, semua orang pun bisa melakukannya,” kata Rao. “Amati, bertukar pikiran, meneliti, membangun, dan berkomunikasi,” pesannya lagi.

Ketika ditanya Jolie, kapan persisnya ia menyadari bahwa sains adalah minatnya, Rao menjawab, dirinya merasa tidak ada satu momen yang spesifik.

“Saya selalu menjadi orang yang ingin membuat orang lain tersenyum. Itulah tujuan saya sehari-hari, hanya ingin membuat orang bahagia,” kata dia.

Kemudian ketika Rao duduk di kelas dua atau tiga, dia mulai berpikir tentang bagaimana menggunakan sains dan teknologi untuk menciptakan perubahan sosial.

“Saya berusia 10 tahun ketika memberi tahu orang tua bahwa saya ingin meneliti teknologi sensor tabung nano karbon di laboratorium penelitian Denver Water Quality, dan ibu saya berkata, “Apa?”

Tahun lalu, Rao juga pernah masuk dalam daftar “Forbes 30 Under 30” yang berisi para anak muda berprestasi. Dia juga beberapa kali menjadi pembicara dalam event bergengsi.

Sampul Majalah Time
Ajang ‘Kid of the Year’ merupakan kerja sama Majalah Time dengan Nickelodeon sebagai pengakuan terhadap para pemimpin muda yang membawa dampak positif bagi komunitasnya.

“Berubah tidak hanya membuat temuan sendiri untuk memecahkan masalah dunia, tapi juga menginspirasi yang lain untuk melakukan hal yang sama,” kata Rao.

Dengan prestasi yang gemilang dan inspiratif, Gitanjali Rao pun akhirnya menjadi wajah sampul majalah Time terbaru.

Rao membuka mata banyak orang bahwa kepemimpinan sejatinya adalah inspirasi dan keteladanan, bahkan dari seorang gadis kecil sekalipun.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...