Jawa Barat Sediakan 100 Hektare Lahan untuk Petani Milenial

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan lebih dari 100 hektare lahan untuk program Petani Milenial. Lahan tersebut tersebar di 8 daerah kabupaten/kota.

Menurut Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jabar Benny Bachtiar, delapan daerah tersebut antara lain berada di Cianjur, Cirebon, Subang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi, Karawang dan Indramayu. Total luasnya 100,52 hektare.

“Di setiap daerah luasan yang tersedia bervariasi. Ada yang memiliki luas 50 hektare, 20 hektare sampai di bawah 1 hektare. Lahan itu akan diberikan pada petani milenial yang lokasinya berdekatan dengan lahan,” kata Benny, dikutip dari rilis Pemprov Jabar, Rabu (2/6).

Konsep Petani Milenial Jabar adalah para peserta menggarap komoditas pertanian di atas lahan yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jabar. Selain itu, ada skema lain yakni memanfaatkan lahan milik peserta program sendiri, pihak ketiga atau swasta, BUMD dan BUMN.

Saat ini lahan yang dipersiapkan untuk para peserta sebagian tengah diproses. Proses tersebut memang harus dilakukan dengan matang sehingga tidak bertabrakan dengan aturan hukum terkait pemanfaatan lahan, dan juga cermat dalam arti kondisi lahan cocok untuk pengembangan komoditas.

“Kami terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memanfaatkan lahan idle yang bisa dimanfaatkan, jadi tidak asal lahan kosong,” kata Benny.

Untuk lahan yang sudah siap, Benny menjelaskan, saat ini berada dalam pengelolaan organisasi perangkat daerah (OPD) pengampu, juga sebagian lahan milik peserta program Petani Milenial.

Sejauh ini, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, serta Dinas Kelautan dan Perikanan juga sudah menyiapkan lahan yang berada di sejumlah daerah.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Jabar misalnya, sudah menyiapkan lahan untuk komoditas tanaman hias di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bogor.

Sementara, untuk komoditas ubi jalar, lokasi direncanakan di Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur di atas lahan milik DPTH seluas 20 hektar.

Dinas Kehutanan Jabar juga memastikan kesediaan tiga calon lokasi yang merupakan lahan milik Pemda Provinsi Jabar untuk dipinjamkan kepada peserta petani milenial.

Tiga lokasi tersebut, salah satunya berada di Cikanyere Kabupaten Cianjur dengan luas lahan 4 hektare. Dua lainnya berada di Kabupaten Sumedang, yakni di Jatinangor dengan luas 2,5 hektare dan Jatinunggal 5 hektare.

Sementara, Dinas Perkebunan Jabar menyediakan lahan di tiga lokasi berbeda. Untuk komoditas kopi dan vanili, lokasi lahan berada di Kampung Sadeng, Bogor dengan potensi 2 hektare. Untuk serai wangi seluas 40 hektare di Tegalwaru, Karawang. Sementara di Jatiluhur, Purwakarta dengan luas lahan 2 hektare disiapkan untuk pengembangan vanili.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...