Jangan Lupa Sarapan, Ini Manfaatnya!

Sarapan amat berguna untuk memberi nutrisi tubuh sebelum melakukan aktivitas. Melewatkan sarapan bisa membuat tubuh lemas dan tak bersemangat. Kamu juga bisa lesu dan sulit berkonsentrasi. Akibatnya kamu menjadi kurang produktif.

Menariknya, orang Indonesia termasuk yang memahami pentingnya sarapan. Menurut Asia Pacific Healthy Breakfast Survey 2018 yang dilakukan pada Februari 2018 dan diikuti oleh 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik, yakni Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vitenam.

Diketahui bahwa para responden telah memahami pentingnya sarapan sehat dalam meningkatkan kesehatan dan mengelola berat badan. 72 persen orang Indonesia setuju bahwa waktu makan paling penting adalah di pagi hari saat sarapan.

Foto: cloudfy.com

Lalu apa untungnya kalau kamu sarapan di pagi hari?

Pertama, nutrisi tubuh terpenuhi

Menurut penelitian yang dirilis dalam International Journal of Gastronomy and Food Science, bahwa mengonsumsi sarapan pagi dengan makanan bergizi seimbang akan memberikan energi sepanjang hari.

Kedua, lebih fokus dan konsentrasi

Ketika bangun pagi, kebanyakan energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis digunakan di hari kemarin. Glukosa menjadi bahan bakar satu-satunya yang digunakan oleh otak. Bila glukosa tidak ada, kamu akan sulit berkonsentrasi dan merasa cepat lelah.

Ketiga, lebih semangat dan produktif

Jika tubuhmu lemas karena tidak ada asupan gizi yang masuk, maka sangat mungkin terjadi kamu sulit untuk bersemangat dan memiliki mood yang baik. Semangat sangat dibutuhkan untuk melakukan sesuatu. Tanpa semangat kamu akan sulit produktif.

Keempat, menjaga berat badan

Hasil penelitian National Weight Control Registry menyebutkan bahwa mereka yang rutin sarapan pagi berat badannya turun sekitar 15 kilogram dalam setahun. Ketika kamu tidak sarapan, maka perut kamu akan sangat lapar, sehingga ketika makan siang jadi tidak terkendali. Bahkan tak jarang, kamu jadi jajan makanan yang sebetulnya nutrisinya tidak dibutuhkan tubuh.

Foto: freepik

Memenuhi nutrisi tubuh fisik itu penting, namun dalam Islam, ruhani manusia juga perlu diperhatikan. Itu sebabnya Rasulullah Saw menganjurkan selalu mengawali hari dengan berdzikir di pagi hari bahkan ada wirid sebelum dan setelah shalat subuh. Ini mengajarkan kita bahwa memenuhi nutrisi ruhani lebih dahulu dilakukan dibandingkan mencukupi nutrisi tubuh.

Dengan demikian keseimbangan memenuhi nutrisi ruhani dan jasmani mutlak diperlukan untuk memulai aktivitas yang lebih produktif dengan suasana qalbu yang damai.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...