Ini Saran Kang Emil Buat Milenial: “Hati-hati Pilih Karir”

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi saran kepada para generasi milenial agar berhati-hati memilih karir di Era Industri 4.0 sekarang ini.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat ini ada beberapa jenis pekerjaan yang penting namun akan segera tergantikan oleh mesin atau kecerdasan buatan.

Gubernur Jabar itu mengingatkan masalah ini saat ia didapuk menjadi pembicara webinar yang diselenggarakan DPP Gempar (Generasi Muda Pembaharu) beberapa waktu lalu.

Kang Emil menyebut misalnya, pekerjaan menginput data, mengoperasikan mesin, teknisi, hingga pekerjaan yang bersifat rutin.

“Itu pekerjaan yang penting tapi sudah bisa digantikan oleh mesin maka harus hati-hati memilih karir,” kata Kang Emil.

Dia menyarankan, agar generasi milenial bisa memilih karir yang punya tipe terus berkembang. Misalnya, kepemimpinan (leadership), business development, negosiasi, komunikasi, critical thinking, kreativitas, hingga teknologi desain.

Menurut Kang Emil, pekerjaan-pekerjaan tersebut kelak yang akan dibutuhkan di era 4.0.

Dia menambahkan, semua jenis pekerjaan yang bakal dibutuhkan pasca pandemi wajib ditopang oleh keahlian di bidang teknologi informasi.

Terkait dengan itu, Pemerintah Daerah Jawa Barat saat ini tengah mengembangkan salah satunya masterplan Digital West Java Province untuk merespons revolusi industri 4.0.

Cetak biru tersebut sudah diterjemahkan lewat beragam inovasi pembangunan daerah. Makanya, Pemda Jabar saat ini tengah membangun gedung-gedung ‘creative center’ di setiap kabupaten/kota. Layanan pemerintahan juga sudah diarahkan ke digitalisasi.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...