Ini Dia, Alat Pemotong Kacang Tanah Tercepat Buatan Mahasiswa IPB

Alat tersebut bernama Circlenut, pemotong kacang tanah bikinan para mahasiswa IPB University untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama usaha peyek.

Mereka para kreator alat tersebut tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penerapan Iptek (PI) 2021, yaitu Asmaul Husna, Fahmi Ramadhan, Gunafria A, Sari Ramadhonna dan M Aysar Ferdiansyah. Para mahasiswa ini berasal dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB) Fakultas Teknologi Pertanian.

Dibimbing seorang dosen, Dr. Lenny Saulia, mereka berhasil menciptakan alat pemotong kacang tanah yang diklaim tercepat untuk kelas usaha UMKM.

Menurut para mahasiswa ini, proses produksi peyek dari bahan mentah hingga menjadi peyek siap dipasarkan memerlukan beberapa proses. Antara lain, proses pemotongan kacang tanah, pencucian, pengolahan bahan, penggorengan dan pengemasan. Baca juga >>

“Permasalahan yang terjadi di UMKM selama ini ada pada proses pemotongan kacang yang memerlukan waktu yang lama dan sering menyebabkan cedera tangan,” ujar seorang mahasiswa Asmaul Husna, dikutip dari ipb.ac.id.

Oleh karena itu, kata Husna, mereka berinisiatif menciptakan alat pemotong kacang tanah otomatis yang diberi nama “Circlenut”.

Alat pemotong ini memiliki desain yang ergonomis serta mudah dibongkar pasang sehingga memudahkan dalam penggunaan serta perawatannya.

“Kalau secara manual, diperlukan waktu satu jam untuk memotong satu kilogram kacang tanah. Dengan Circlenut waktu yang dibutuhkan hanya empat menit atau 15 kali lebih cepat dibandingkan proses pemotongan secara manual,” kata dia.

Dengan alat tersebut juga, penggguna dapat meningkatkan produksi dengan nyaman serta risiko cedera pada tangan pun menurun.

Ide pembuatan Circlenut memang diawali dari mendengarkan keluh kesah para pengusaha peyek yang tidak dapat memenuhi pesanan serta kerap menderita cedera jari tangan dan pinggang.

“Setelah konsultasi dengan dosen pembimbing, kami mendapat insight baru, terutama mengenai mekanisme yang dipakai agar dapat menanamkan konsep ergonomis,” salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam tim riset tersebut. Baca juga >>

Circlenut akhirnya didesain sesuai dengan bentuk dan tinggi badan penggunanya serta dapat dipindah-pindahkan dengan mudah.

Alat yang diproduksi di wilayah Bogor ini saat ini sudah diimplementasikan pada mitra mereka, yakni UMKM Peyek Bu Yati di Cikupa Tangerang. Hasilnya, alat tersebut sangat membantu mereka dalam meningkatkan produksi usaha peyeknya.

Kini, tim kreator alat Circlenut tengah berencana untuk mengembangkan alat tersebut lebih baik lagi dan agar dapat dipabrikasi untuk para UMKM lainnya.

#ipb #umkm #kacangtanah

Baca Lainnya
Komentar
Loading...