Ini 7 Hal Sederhana Yang Bikin Rumah Tangga Anda Kian Harmonis

Suami yang baik adalah mereka yang memperlakukan istrinya penuh hormat dan penuh kasih sayang. Istri bukan hanya perlu dipenuhi kebutuhan fisik dan biologisnya. Yang tak kalah penting ialah memenuhi kebutuhannya secara psikologis.

Mengabaikan sisi psikologis ini bisa mengancam masa depan rumah tangga Anda. Sebaliknya jika istri bisa terpenuhi kebutuhan psikologisnya rumah tangga bisa berjalan dengan harmonis dan kehangatannya bisa terpelihara.

Berikut 7 hal sederhana yang bisa dilakukan suami agar tetap harmonis sampai kakek nenek.

Utarakan sayang dan cinta

“Aku sayang kamu”. Meski hanya sekadar kata, bagi istri bisa memiliki nilai yang besar dan berarti. Ungkapan ini bila diutarakan dengan tulus akan menyentuh perasaan yang membuat istri senang dan bahagia. Tapi pastikan kewajiban suami dan hak istri sudah tertunaikan.

Cium dan peluk sesering mungkin

Bagi suami istri, cium dan peluk adalah hal yang halal dan wajar. Tetapi perhatikan situasi dan kondisi. Memeluk istri dan menciumnya merupakan komunikasi nonverbal yang menggambarkan keromantisan. Bagi istri, pelukan bisa menenangkan perasaan dan mengurangi stres serta memperbaiki mood dan emosionalnya.

Ajak jalan-jalan

Istri yang sibuk mengurus rumah tangga membutuhkan aktivitas di luar rumah untuk menghilangkan kepenatan. Suami perlu meluangkan jadwal untuk mengajak istri berjalan-jalan atau berwisata dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut bisa mempererat hubungan dan membentuk memori yang indah. Jangan lupa juga gandeng tangannya saat Anda berjalan bersamanya. Ini menunjukkan bahwa Anda bangga bersama dengannya.

Beri pujian dan kejutan kecil

Memuji istri atas upaya dan jerih payahnya perlu dilakukan. Memberinya pujian dan apresiasi akan membuat istri merasa diakui dan dihargai. Pujian yang disampaikan hendaknya tulus, bukan pujian yang tanpa dasar.

Tak hanya pujian, istri juga akan senang bisa diberi kejutan kecil atau hadiah. Tak usah menunggu momen tertentu. Berikan misalnya saat pulang kerja atau saat weekend tiba. Jangan lupakan juga tegur dan sapa walau dengan chat saat Anda tak bersamanya. Tunjukkan kerinduan padanya.

Olahraga bersama

Olahraga tentu lebih asik jika dilakukan berdua bersama istri. Olahraga bisa meningkatkan hormon endorpin yang dikenal bisa memberikan energi positif serta membetuk perasaan nyaman dan senang. Selain itu juga bisa meningkatkan kekompakan bersama pasangan serta meningkatkan kesehatan dan kualitas seks. Misalnya Anda bisa berlari pagi atau bersepeda bersama.

Luangkan prioritas waktu

Meluangkan waktu adalah hal yang ditunggu oleh istri. Sebagai suami tawarkanlah bantuan selalu. Siap sedialah waktu dan tenaga untuk membuatnya bahagia. Anda bisa menjaga dan mengasuh anak, mengantar dan menemaninya berbelanja, serta menjadi ayah ASI yang selalu membantu istri saat menyusui serta mendukungnya. Bermain bersama anak, menyuapi, memandikan atau memakaikan pakaian adalah hal sederhana yang bikin istri bahagia.

Dukung cita-cita dan impiannya

Istri juga memiliki impian dan cita-cita, entah terkait impian pribadi terlebih impian keluarga. Suami yang mendukung istri untuk mewujudkan cita-cita dan impiannya akan membuat istri lebih semangat dan merasa didukung.

Jangan sampai impiannya sebelum menikah jadi terhambat karena menikah dengan Anda. Dukung ia untuk belajar hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi pribadi yang berkualitas. Dukung dia menjadi istri dan ibu yang baik untuk keturunan yang menyenangkan hati dan bertaqwa pada Allah Swt.

Nabi Saw bersabda, “Kaum mukmin yang imannya paling sempurna ialah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kamu ialah yang paling baik akhlaknya kepada kaum perempuannya.” (HR. Tirmidzi).

Baca Lainnya
Komentar
Loading...