Ini 5 Skill Yang Paling Dicari di Tahun 2020

Indonesia adalah negara maritim yang berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia yang baru saja berulang tahun. HUT RI ke 75 di masa pandemi ini mengambil tema besar “Indonesia Maju” dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Sebuah harapan yang mengkampanyekan kecintaan warga terhadap produk dalam negeri.

Slogan “Indonesia Maju” tak boleh hanya kata belaka, ia mesti diwujudkan dengan inovasi dan bisa bersaing secara global. Namun, bila melihat posisi Indonesia berdasarkan Global Innovation Index (GII) 2019, Indonesia masih menduduki peringkat ke 85 dari 129 negara di dunia.

Di ASEAN, Indonesia bahkan berada di posisi kedua terendah. Sedangkan berdasarkan Indeks Daya Saing Global Indonesia hanya menduduki peringkat 50 di dunia, turun 5 peringkat dari tahun sebelumnya.

Rendahnya Indeks Inovasi Global Indonesia dan Indeks Daya Saing Global menggambarkan kurangnya SDM Indonesia yang berkapasitas inovasi dan mampu memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di era Revolusi Industri 4.0.

Potensi dan Tantangan

Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan Internet of Things, Cyber Security, Data Science, Cloud Computing, Intelligent System, Mechatronics, E Business, Digital Marketing, FinTech dan Mobile Technology. Hal tersebut berpotensi untuk meningkatkan tingkat pendapatan global dan kualitas hidup manusia. Dengan membuat inovasi produk dan layanan baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas hidup manusia.

Namun, kecanggihan tersebut juga bisa berdampak pada meningkatnya pengangguran karena pekerjaan manusia akan digantikan mesin otomatis dan diperkirakan akan timbul kesenjangan ekonomi. Ditambah lagi situasi covid-19 menghasilkan Less Contact Economy atau terjadinya hyperconnectivity antar manusia melalui TIK. Bisa dibilang masa pandemi ini adalah booster terhebat untuk transformasi teknologi dan inovasi.

5 Skill Yang Paling Dicari di 2020

Inovasi adalah kunci penggerak produktivitas. Produktivitas dan daya saing yang meningkatkan nilai tambah produk bisa meningkatkan upah dan profit. Yang pada akhirnya bisa menghasilkan kesejahteraan. Namun, itu semua diawali dari kualitas SDM dengan skill yang kompetitif.

Menurut The Future of Jobs Report, World Economic Forum, ada skill industri yang paling diminati di tahun 2020.

1. Complex Problem Solving,

Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata.

2. Social Skill,

Kemampuan untuk melakukan koordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, kepekaan dalam memberikan bantuan hingga emotional intelligence.

3. Process Skill,

Kemampuan terdiri dari: active listening, logical thinking dan monitoring self and the others.

4. System Skill,

Kemampuan untuk dapat melakukan judgement dan keputusan dengan pertimbangan cost-benefit serta kemampuan untuk mengetahui bagaimana sebuah sistem dibuat dan dijalankan.

5. Cognitive Abilities Skill

Terdiri dari antara lain: Cognitive Flexibility, Creativity, Logical Reasoning, Problem Sensitivity, Mathematical Reasoning dan Visualization.

Kelima skill bisa berjalan dengan baik dan efektif apabila berpondasikan ketahanan spiritual dan kesehatan mental yang baik. Ketahanan spiritual maupun kesehatan mental diperoleh melalui jalinan hubungan yang baik dengan Tuhan, dengan sesama dan lingkungan juga dengan diri sendiri.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...