Ini 5 Amalan dalam Islam yang Bikin Kamu Panjang Umur

Hampir sebagian besar kita menginginkan hidup dengan usia yang panjang. Nabi Saw sendiri pun pernah suatu waktu ditanya, siapakah manusia yang paling baik itu. Rasul Saw lantas menjawab: “Dia yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya”. (HR. Tirmidzi).

Tapi tahukah kamu kalau 5 ajaran Islam ini bisa memperpanjang usiamu.

1. Berpikir positif

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti Harvard, menyimpulkan bahwa selalu mengambil sisi positif akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker, jantung dan infeksi.

Para ahli juga mengatakan bahwa orang yang optimis yaitu yang selalu berharapan positif bisa langsung berpengaruh kepada kondisi biologisnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan laju penuaan sel, serta menurunkan kadar peradangan.

2. Menyambung tali silaturahmi

Menyambung silaturahim dan banyak bersosialisasi mampu meminimalisir stres, depresi dan rasa cemas. Bisa juga meningkatkan sistem imun, dan meminimalisir resiko terjadi demensia. Catet ya guys!

Selain punya manfaat untuk kesehatan fisik, silaturahim juga sangat baik untuk kesehatan mental kamu loh. Terutama saat kamu bergaul dan dekat dengan orang-orang baik yang menjadi kecintaan Tuhan.

3. Berdzikir

Berdzikir itu tidak hanya berdampak pada kesehatan mental tapi juga fisik. Dengan berdzikir, kamu akan mendapat ketenangan batin. Dzikir menjadi obat bagi hati yang gelisah dan cemas berlebihan. Akan banyak petunjuk yang Allah kasih ke kamu.

Dzikir juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kortisol yang memicu stres dan depresi. Berdzikir juga mampu membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Bahkan melalui metode dzikir banyak orang yang sembuh dari kecanduan narkoba.

4. Banyak membaca

Berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, disebutkan bahwa mereka yang meluangkan waktunya untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup yang lebih lama ketimbang yang tidak.

Selain itu, membaca buku juga akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan kamu sekaligus mampu mencegah penyakit alzheimer. Terlebih lagi jika kamu membaca biografi dan merenungi nasihat orang-orang shalih, niscaya itu akan mengobati penyakit hati kamu.

5. Bersedekah

Dalam hadis disebutkan sedekah bisa menjadi pelindung dari musibah dan keburukan. Sedekah juga bisa menjadi obat dan penyembuh bagi penyakit kamu dan mencegah mati dalam keadaan suul khatimah loh. Dalam satu riwayat juga dikatakan bahwa sedekah mampu menghilangkan bala dan menambah usiamu.

Perlu diingat nih, sedekah itu jangan diartikan sempit hanya dengan harta. Setiap kebaikan yang kamu lakukan juga bisa bernilai sedekah. Dengan bersedekah kamu tentu akan lebih memiliki perasaan yang berbahagia dan membuat kehidupanmu jadi lebih baik karena makin disayang Tuhan.

Walau sejatinya tak ada yang tahu kapan ajal itu datang. Akan tetapi ajaran Islam ini tentu akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, atau paling tidak kamu akan dikenang sebagai pribadi yang baik dan menginspirasi dengan kebaikan sepanjang usiamu.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...