Ingin Sukses? Atur dan Kelola Barang Anda dengan 5S

Kebanyakan orang biasa mengabaikan betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian tempat tinggal serta lingkungan kerja. Itu sebabnya mereka selalu menghabiskan waktu lebih banyak dibandingkan para miliarder saat melakukan suatu kegiatan tertentu atau menyelesaikan pekerjaan.

Sementara para miliarder yang menerapkan kerapian dan kebersihan lingkungan sekitar, lebih mudah dan lebih cepat saat melakukan sesuatu.

Sebagaimana dikutip dari 99 Perbedaan Cara Mengelola Waktu Miliarder & Orang Biasa karya Monica Anggen & Erlita Pratiwi, berikut ini 5 tips sukses yang biasa dilakukan para miliarder dalam mengelola waktu, khususnya sikap mereka atas barang yang mereka miliki.

Semuanya terangkum dalam istilah 5S, yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Metode 5S sendiri merupakan praktek yang sering dilakukan di perusahaan-perusahaan Jepang.

1. Seiri

Artinya ringkas. Maksudnya adalah kita harus pandai memilah berbagai barang yang kita miliki, mana yang masih digunakan dan mana yang tidak.

“Selain itu, kita juga harus dapat menentukan mana barang yang siap pakai dan mana barang yang hanya dipakai sewaktu-waktu,” ujar Monica & Erlita.

2. Seiton

Artinya rapi. Maksudnya, kita harus menyimpan dengan rapi setiap barang sesuai dengan kelompok-kelompok yang sudah kita tentukan tadi. Jika perlu, kita juga bisa memberi nama barang yang ada di sekitar kita, baik yang ada di rumah maupun di tempat kerja, terorganisasi dengan baik.

Besar sekali manfaat yang akan didapatkan kalau kita menyimpan semua barang milik kita secara rapi dan terorganisasi. Kita menjadi lebih mudah mencari suatu barang ketika sedang membutuhkannya.

“Kita tidak perlu membuang waktu lama lagi hanya demi mencari satu barang yang sedang kita butuhkan,” ujar Monica & Erlita lebih lanjut.

3. Seiso

Artinya membersihkan. Kita harus membersihkan barang-barang yang sudah tertata rapi tadi secara rutin agar barang-barang tersebut tidak cepat rusak atau kotor. Pembersihan barang ini juga berlaku pada peralatan kerja yang kita gunakan.

Memiliki jadwal rutin bersih merupakan salah satu cara mengelola waktu sehingga ketika membutuhkan suatu barang, kita tidak perlu terlebih dahulu harus membersihkannya lagi.

“Selain menghemat waktu, tentu saja kita menghemat pengeluaran karena barang dan peralatan kerja yang bersih dan terawat dengan baik tidak akan mudah rusak ataupun aus,” ujar Monica & Erlita.

4. Seiketsu

Artinya merawat. Rawatlah barang dan peralatan kerja kita secara rutin. Perawatan ini sama halnya seperti bersih-bersih, harus ada jadwal khusus dan dilakukan secara berkesinambungan. Perawatan yang dilakukan secara baik pada barang dan alat kerja akan memudahkan kita dalam bekerja.

“Ini juga termasuk salah satu cara terbaik dalam mengelola waktu,” ujar Monica & Erlita.

5. Shitsuke

Artinya rajin. Tingkatkan kesadaran diri bahwa betapa pentingnya disiplin menjalankan metode 5S dalam kehidupan sehari-hari.

“Lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja yang bersih, rapi, dan terorganisasi dengan baik merupakan salah satu cara mengelola waktu yang kita miliki serta memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan,” pungkas Monica & Erlita.

Demikian metode 5S yang bisa Anda terapkan dalam lingkungan kerja Anda. Anda ingin berhemat waktu dan itu berdampak pada kesuksesan Anda? Tidak ada salahnya untuk menerapkan metode ala Jepang ini. Selamat mencoba!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...